Manfaat memiliki hewan peliharaan bagi anak

Memiliki hewan peliharaan di rumah, ternyata tidak hanya memberikan hiburan dan kesenangan semata bagi anak. Hewan peliharaan, ternyata memiliki peranan penting dan memberikan manfaat positif dalam proses tumbuh kembang dan pembentukan karakter anak.

1. Anak belajar bahwa Allah menciptakan makhluk lain selain manusia, dan manusia wajib untuk menjaga dan menyayangi makluk ciptaan Allah yang lainnya, yaitu tumbuhan dan binatang.

2. Anak belajar untuk merawat dan mengasihi makhluk hidup

Keterampilan merawat dan mengasihi adalah salah satu life skill yang penting bagi setiap orang; yaitu mampu merawat dirinya sendiri, dan kelak juga mampu untuk merawat orang-orang terdekatnya di masa yang akan datang. Keterampilan ini harus diasah sejak kecil, dan salah satu caranya adalah dengan membolehkan anak memelihara hewan peliharaan. Contohnya, anak belajar bahwa dengan rajin membersihkan kandang dan memandikan kucingnya, dia membantu memelihara kesehatan kucingnya tersebut.

3. Mengasah rasa tanggung jawab pada anak

Pada anak yang lebih kecil, ajari mereka untuk bertanggung jawab memberikan makan hewan peliharaannya pada waktu-waktu yang telah disepakati. Contoh, setiap pagi setelah mereka selesai sarapan, berarti mereka juga harus memberi makan ikan-ikan di kolam. Pada anak yang lebih besar, berikan juga porsi tanggung jawab yang lebih besar. Contohnya, memberikan tugas membersihkan kotoran kucing dari kotak pasir dan membersihkan kandangnya.

4. Mengasah rasa empati

Penelitian menunjukkan, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan, cenderung memiliki rasa empati yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

5. Mengasah sikap perhatian dan peduli pada anak

Dengan memiliki hewan peliharaan, si kecil mendapatkan kesempatan belajar untuk memiliki sikap perhatian dan peduli terhadap makhluk lain.

6. Mengasah keterampilan komunikasi anak

Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan secara tidak sadar telah belajar mengenai komunikasi non verbal.

Penelitian menunjukkan, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan:

  • Memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.
  • Memiki keterampilan sosial yang lebih baik.
  • Membuat anak lebih aktif. Hal ini jauh lebih positif daripada anak terlalu banyak berdiam di depan televisi atau sibuk bermain dengan gadgetnya.

Memiliki hewan peliharaan juga memberikan manfaat bagi keharmonisan keluarga. Penelitian menunjukkan, keluarga yang memiliki hewan peliharaan di rumah:

  • Menghabiskan lebih banyak waktu untuk saling berinteraksi antar anggota keluarga.
  • Memiliki suatu aktivitas santai bersama dan topik obrolan yang menyenangkan, termasuk merupakan salah satu sarana belajar anak.

Kegiatan merawat hewan peliharaan bersama, seperti saat ayah dan anak memberi makan burung, menguras kolam ikan, dan mengajak main kucingnya merupakan salah satu quality time yang berharga. Kegiatan santai ini juga dapat menjadi salah satu ajang untuk saling bercerita dan bertukar pikiran.

Memiliki hewan peliharaan juga merupakan salah satu sarana belajar sains lho. Banyak hal yang dapat dibahas, seperti bagaimana ikan dapat bernapas di dalam air, dan jenis-jenis perkembangbiakan pada binatang. Ayah dan ibu dapat menjelaskan kepada anak bahwa ayam dan burung berkembang biak dengan cara bertelur, sementara kucing berkembang biak dengan beranak dan menyusui anak-anaknya. Cara belajar yang menyenangkan untuk anak-anak bukan?

 

Referensi: www.rch.org.au – The Royal Children’s Hospital Melbourne

 

 

author

Author: 

3 Responses

  1. author

    Istiqomah Al Mumtazah2 years ago

    Kereeen, Mba Regia…
    Seperti biasa, ngaliiir hehe…

    Reply
    • author
      Author

      delonixregia2 years ago

      makasiih mbak Isti.. seneng bgt aku ada yg komen, hahaha

      Reply
  2. author

    Yuneri Chandra2 years ago

    Bagus banget Gie…

    Reply

Leave a Reply