MANFAAT KOPI

Kopi merupakan minuman yang mempunyai banyak penggemar. Biasanya sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar, dan juga sangat umun di Indonesia yang tenar dengan anti kantuknya. Bahkan, warung kopi sudah menjamur di berbagai sudut kota, hingga di mall.

Minuman ini memang tidak dikategorikan sebagai minuman kesehatan, namun tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi –bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari– memiliki manfaat bagi kesehatan. Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Dimana kafein dalam tubuh bekerja dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur (adenosin). Kafein ein tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, tetapi kafein akan mepawan kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, yang ada akan mncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.
Minum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh namun juga memicu efek ketergantungan pada kafein. Berikut ada beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, dengan catatan membatasi penggunaan kream dan gula.
Pertama, kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar. Kopi dapat membantu mempertahankan – atau bahkan menurunkan- berat badan,
Kedua, kopi dapat mencegah depresi. Bagi anda yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 85 persen kemungkinannya untuk tidak mengalami depresi. Jadi jangan lewatjan minum kopi di pagi dan sore hari.
Ketiga, kopi dapat membantu meningkatkan memori. Ya, baik itu memori jangka panjang maupun jangka pendek. Mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Mengkonsumsi 3 cangkir kopi dalam sehari akan memiliki performa lebih baik dalam tes memori jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi satu cangkir setiap harinya.
Ketiga, kopi mengandung anti oksudan tinggi. Kopii memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, kopi berada dalam unrutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

Rate this article!
MANFAAT KOPI,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: