Makan Buah Sebelum Makan Berat? Ini Alasannya!

Buah-buahan Menyegarkan. Sumber: happy-mahlzeit.com

Buah-buahan, siapa yang tidak mengenal manfaatnya? Setiap orang wajib makan buah setiap hari untuk memperoleh kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia cukup banyak varian buah yang dapat dipilih untuk memperoleh manfaat sehatnya. Menurut penelitian, makan buah secara teratur sebanyak 80 gram setiap hari dapat mengurangi resiko berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes hingga stroke.

Tetapi, ada aturan yang sebenarnya telah diterapkan sejak jaman dulu dan diajarkan oleh Rasulullah yaitu makan buah sebelum makan dan pagi hari. Yang dimaksud makan disini adalah makan berat atau makan dengan nasi dan lauk pauknya. Makan buah sebelum makan lebih sehat dan memperoleh manfaat nutrisi buah lebih optimal.

Intinya begini. Pada pagi hari, organ pencernaan belum bekerja dengan maksimal. Sehingga jika dimasukkan dan mengelola makanan yang berat maka organ pencernaan harus bekerja dengan sangat keras. Padahal organ pencernaan belum siap bekerja keras di pagi hari.

Nah, buah-buahan ini merupakan makanan yang dapat tercerna dengan sangat mudah oleh organ pencernaan. Jadi, pekerjaan organ pencernaan lebih ringan, dong! Nanti, setelah jam 12 siang barulah makan yang tergolong makanan berat. Eiitttss, makanan berat itu adalah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dan kentang.

Terus, apa yang terjadi jika makan buah setelah makan berat? Akan terjadi pembusukan! Makanan berat akan dicerna lebih lama di organ pencernaan. Sedangkan buah dicerna lebih cepat. Jika buah-buahan masuk sedangkan makanan berat belum tercerna dengan sempurna akan bereaksi dan hasilnya terjadi pembusukan. Akhirnya, perut menjadi kembung, eneg dan masalah pencernaan lainnya.

Nah, itulah sekelumit cerita tentang mengapa buah harus dikonsumsi sebelum makan. Semoga bermanfaat …..

 

author

Author: