Liburan tetap sehat dengan 5 tips ini

Hai sobat, apa kabar?

Seperti yang kita ketahui, saat ini adalah musim liburan bagi mahasiswa. Meskipun mungkin masih ada beberapa mahasiswa yang masih belum sempat merasakan liburan. Liburan seperti ini adalah saat yang menyenangkan bagi mahasiswa yang suka mencoba-coba tempat-tempat wisata baru dan unik. Apalagi Indonesia ini kaya akan budaya dan keindahan alam yang terbentang luas dari ujung ke ujungnya. Setiap wilayahnya memiliki kekhasannya masing-masing seperti daerah pantai, pegunungan, hutannya, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya, tidak ada kata cukup bagi mereka untuk berhenti menikmati keindahan alam itu, terutama bagi pecinta alam indonesia.

Meskipun begitu, seringkali mahasiswa akan menghabiskan waktunya hanya dengan berdiam diri dirumah karena keuangan mereka juga ada batasnya kan. Jika sudah begitu, mereka akan cenderung untuk jarang bergerak dan melakukan siklus TM2, yaitu Tidur-Mandi-Makan, begitu seterusnya. Nah, ini adalah tipe liburan yang membosankan juga kurang menyehatkan. Karena itu perlu untuk mereka olahraga ringan untuk menjaga tubuhnya tetap dalam keadaan prima setiap hari. Karena akan sangat rugi jika liburan dihabiskan dengan sakit-sakitan karena jarang bergerak. Nah, ini adalah cara olahraga ringan untuk menjaga kesehatan kita yang dapat dilakukan diluar rumah bahkan dapat dilakukan di dalam ruangan . Caranya :

1.Bangun Pagi

Bangun pagi adalah hal yang sepele, namun banyak orang yang kesulitan untuk melakukannya. Padahal manfaat bangun pagi dalam hal kesehatan sangatlah banyak, diantaranya melancarkan peredaran darah, memaksimalkan fungsi otak, Meningkatkan daya ingat, produktivitas meningkat dan masih banyak lagi. Terlebih lagi sinar matahari di pagi hari sangatlah bermanfaat mencegah banyak penyakit diantaranya penyakit kuning, kanker, rakhtitis, osteomalacia dan lainnya.

2.Senam

Senam adalah kegiatan menggerakan badan dengan gerakan tertentu seperti menggeliat, meregangkan , dan menggerakan. Senam ini bisa dilakukan dalam sebuah ruangan asal tetap berhati-hati dengan benda disekitar kita. Kita dapat melakukan senam atau gerak tubuh semampu kita, terkadang orang malas untuk senam karena gerakanya tidak hafal atau tidak tahu. Tapi, sobat cukup melakukannya dengan sederhana tanpa harus berpacu, dengan ingatan. Asalkan itu menggerakan tubuh saja itu sudah cukup baik, sobat cukup merasakan untuk memanaskan anggota tubuh sobat untuk bergerak agar tidak kaku.

3.Sarapan sehat

Pola makan yang teratur dan sehat adalah kuncinya. Ibarat kendaraan, kita memerlukan bahan bakar untuk membuatnya bergerak, jadi asupan makanan sangatlah berpengaruh bagi tubuh kita. Sarapan dengan makanan instan adalah hal yang harus dihindari. Karena sarapan adalah jam makan yang sangat penting. Makanlah buah dan hindari makan makanan berat karena itu malah akan membuat anda lemas dan cepat ngantuk.

4.Istirahat yang cukup

Bahkan ketika liburanpun, seringkali kita lupa untuk istirahat, dan lebih suka menghabiskan waktu untuk sekedar nonton tv, bermain gadget dan lain sebagainya. Padahal istirahat kita bukan seperti itu, namun kita dapat menggunakan waktu untuk misalnya tidur siang dan tidak begadang saat malam. karena tidur adalah suatu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat.

5.Lakukan kegiatan bermanfaat

Seringkali ketika liburan kita malas untuk berfikir, kita malas untuk melakukan sesuatu hal yang sebenarnya bermanfaat. Dengan menulis misalnya. Dengan menulis, diharapkan kita dapat memacu otak kita untuk tetap berfikir. Jika kita menjaga otak kita tetap berfikir maka otak kita juga akan berada dalam kondisi yang baik selalu.

 

Itulah cara untuk tetap menjaga kesehatan kita di liburan kita, semoga dapat bermanfaat.

Rate this article!
Tags: