LEPASKANLAH KETERGANTUNGANMU MENUJU KEMANDIRIAN

LEPASKANLAH KETERGANTUNGANMU MENUJU KEMANDIRIAN

BISMILLAH…

Didalam kehidupan yang kita jalani ini,ada saat-saat dimana citra diri dan harga diri kita ditentukan orang lain.Ketika kita masih bayi,dan memasuki usia kanak-kanak hidup kita sering didominasi oleh orang dewasa atau anak-anak yang lebih tua.Kita melihat diri kita sesuai pesan yang kita terima dari mereka, ketika kita melihat pesan yang masuk dalam diri kita baik maka kita menganggap citra diri kita baik,dan kalau pesan yang tersampaikan pada kita itu jelek diri kita menganggap citra diri kita jelek. Kita tak tahu bagaimana keadaan diri kita waktu masa kanak-kanak itu,dan tumbuh berkembang sesuai dengan perkembangan usia kita. Kita menganggap anggapan yang kita terima itu adalah suatu hal yang nyata. Dan itu merupakan pembentukan gambaran diri kita sendiri, dan kita lebih dominan menjadi apa yang mereka katakan pada diri kita.

Tetapi bagaimana kita menjadi tersadar, kita bukanlah apa yang mereka katakan kepada kita.Kita punya diri pribadi untuk menjadi diri kita sendiri,kita harus memahami diri kita sendiri dulu.Dan segera mengambil sikap atas keadaan yang kita alami saat ini,karena sikap sangat mempengaruhi dalam semua yang kita lakukan dalam kehidupan.Sikap adalah cara pandang kita dalam berpikir tentang diri sendiri dan orang lain,dan kita harus benar dalam memilih sikap terhadap hidup kita sendiri. Jangan biarkan dunia sekitarmu mengaturmu sehingga kau masuk didalamnya,dengan kata lain jangan biarkan orang lain mengatur pikiran kita. Jika kemampuan memilih adalah hak kita,jangan biarkan kita melepaskan hak kita dalam memilih pikiran kita sendiri. Jika kita membiarkan orang lain mengatur pikiran kita,kedamaian diri tak akan kita dapatkan.Yang menentukan kedamaian diri adalah diri sendiri bukan orang lain,dan kita harus segera juga memantapkan pilihan atas hidup kita sendiri.

“Tidak ada yang bisa membuat kita merasa rendah diri selain diri kita sendiri, yang mempermainkan perasaan kita karena semua adalah atas ijin diri kita sendiri juga”. Kita harus percaya pada penilaian kita sendiri,kendati kita menilai diri kita benar atau salah. Itu adalah merupakan tanggung jawab kita sendiri, saya tidak mengatakan pandangan orang lain terhadap kita salah.Kita ingin dicintai,dihargai,diperhatikan dan butuh pelukan. Dan mendapat dukungan dari orang lain adalah sangat luar biasa,tetapi terkadang respon orang yang kita sayangipun kurang mendukung. Jadi kita harus buat keputusan bahwa kita sanggup mengisi seluruh kedamaian hati kita sendiri. Mencintai dan menghibur diri sendiri adalah segi penerimaan diri yang bisa membuat diri kita menerima suatu keadaan yang kita tidak inginkan. Kita tidak dapat mencari atau menemukannya dalam diri orang lain semua kunci kebahagiaan adalah pada diri sendiri.Dengan berpikir positif pada diri sendiri dan berusaha untuk jujur pada diri sendiri adalah kunci kita melangkah kedalam hidup yang bahagia. Hidup kita dan milik kita,sehingga kita dapat memegang peranan atas diri kita sendiri, dan bisa menjadi pribadi yang kita inginkan sendiri. Yaitu menjadi diri kita sendiri dengan lebih cerdas dan bijak dalam mengambil langkah menuju kehidupan yang penuh kebahagiaan.
Writter
Teratai

author

Author: