KOLERIS, SI ‘PEMIMPIN’ YANG PEMAAF

Pernahkah kamu lihat dalam suatu pertemuan, ada seseorang yang selalu ingin tampil berbicara, bicaranya ‘blak-blakan’, mendebat  pendapat orang lain  dan agak “memaksakan” idenya? Nah, bisa dipastikan orang tersebut adalah si Koleris.  Itu adalah beberapa ciri khas orang dengan kepribadian Koleris. Apalagi sih ciri-ciri si Koleris ini? Baiknya kita kupas lebih lanjut yuk supaya kita bisa memahami bagaimana sesungguhnya si Koleris ini.

Koleris berasal dari bahasa Yunani chole yaitu cairan empedu kuning bersifat kering. Cairan empedu kuning ini, menurut Hippocrates, berhubungan dengan sifat seseorang dimana faktor emosi dan perasaan kurang bermain. Sehingga mereka kurang mampu berempati dengan penderitaan orang lain dan kemampuan sosialisasinya rendah. Namun dibalik kekurangannya itu, koleris diimbangi dengan banyak kelebihan yang dimilikinya.

Tipe Koleris adalah orang yang memiliki jiwa pemimpi. Mereka tampil hangat, serba cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, sanggup mencukupi keperluannya sendiri, dan sangat independen.  Cenderung tegas dan berpendirian keras, dan dengan gampang dapat membuat keputusan bagi dirinya dan bagi orang lain. Kemampuannya untuk berpikir cepat menyebabkannya dapat segera mengambil keputusan di saat yang dibutuhkan.

Senang mengatur, menyuruh dan memerintah orang lain, juga merupakan sifat si Koleris. Sehingga dalam pergaulan, terkadang banyak orang yang enggan jika berdekatan dengannya karena tak mau disuruh-suruh olehnya.

Pekerjaan yang menantang dan goal oriented sangat cocok untuk si Koleris, karena kebutuhan mendasar mereka adalah tantangan, pilihan dan pengendalian. Pekerjaan yang membutuhkan tantangan dan mengejar target (target waktu ataupun target hasil) adalah hal yang menyenangkan bagi mereka. Mencapai target adalah penting, sehingga mereka tidak memperdulikan apapun hambatannya akan mereka lewati dengan baik.

Jenis pekerjaan yang banyak dipilih oleh orang Koleris antara lain adalah:

  • Enterpreuner/Wirausahawan

Enterpreuner adalah pekerjaan yang memiliki resiko cukup tinggi. Baik itu resiko modal, waktu dan komitmen karier dalam hal menyediakan nilai untuk produk atau jasa tertentu. Tidak banyak orang yang mau terjun dibidang ini, beda dengan orang Koleris. Mereka memilih perkerjaan ini karena sesuai dengan kepribadian mereka yang selalu ingin menjadi pemimpin, mengatur orang lain, mengambil kepurusan dengan cepat dan goal oriented.

  • Motivator

Kemampuannya berbicara, mengeluarkan pendapat secara sistematis dan pandai meyakinkan orang lain membuat si Koleris dapat menjadi motivator yang baik. Semangatnya dapat ditularkan kepada orang lain.

  • Pengacara

Kemampuan si Koleris mengambil keputusan dengan cepat dan beradu argument dengan orang lain merupakan hal yang sangat mendukung profesi ini.

Ada beberapa kejadian yang bisa membuat si Koleris merasa stres, yakni saat terjadi sesuatu yang tidak dapat mereka kontrol lagi, wewenang mereka dilangkahi dan peran mereka disepelekan. Dalam kondisi stress mereka akan melampiaskannya dengan cara bekerja lebih keras lagi dan akan menyingkirkan orang-orang yang menghambatnya. Mereka mudah marah tapi juga mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Jika memiliki teman Koleris, ada baiknya kita memahami sifat mereka tadi, sehingga tidak terjadi ‘benturan-benturan’ yang tidak perlu…

#sarapankataKMO03

#1000penulismuda

#KMOIndonesia

Tags:
author

Author: