Ketika Harapan Tak Sesuai Kenyataan

Sedih, marah, kecewa bahkan galau itulah perasaan kita ketika sesuatu terjadi di luar harapan kita. Lantas kita menyalahkan yang Maha Kuasa, yang tidak sayang kitalah, yang tidak mendengar doa kitalah dan lain sebagainya. Namun menyikapi kejadian yang tidak diharapkan dengan hal negatif bukan lantas membuat masalah yang kita hadapi membaik malah sebaliknya keadaan justru akan semakin memburuk.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menyikapinya?

Coba lima tips berikut dalam menyikapi sesuatu yang tidak kita harapkan.

  1. Instropeksi Diri

Sebelum kita menyalahkan siapa-siapa, coba lihat dulu ke diri kita. Apakah masih banyak kita berbuat dosa? Apakah doa dan usaha yang kita lakukan belum maksimal? Jika sudah ditemukan dimana letak kekurangan kita segeralah perbaiki.

  1. Berbaik Sangka Kepada Yang Maha Kuasa

Sering kita menyalahkan sang pencipta ketika sedang dirundung masalah. Kita bilang Yang Maha Kuasa tak sayang pada kita, tidak mendengar doa-doa kita dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya Sang Maha Penentu mungkin sedang menguji kesabaran kita, atau mungkin permintaan kita tidak dikabulkan lantaran hal tersebut tidak baik untuk kita. Jadi tetap berbaik sangka bahwa Dia memberikan yang terbaik untuk kita walaupun kita tidak menyukainya.

  1. Tingkatkan Ibadah

Perbanyak ibadah agar hati tidak gundah. Mendekatkan diri padaNya adalah salah satu cara mengobati galau, sedih, kecewa dan marah. Bahkan kadang memperbanyak ibadah juga bisa membantu kita memecahkan masalah dan melewati kesulitan. Karena pada hakikatnya manusia hanya bisa berencana, dan Dialah yang menentukan segalanya.

  1. Jangan Mencari Kambing Hitam

Apakah kegagalan anda atau kejadian yang tidak menyenangkan yang anda alami gara-gara orang-orang di sekitar anda? Sebaiknya jangan berpikiran demikian. Menyalahkan orang lain atas kejadian buruk yang menimpa kita adalah hal yang kurang baik. Bukannya menyelesaikan masalah justru malah menambah masalah baru. Hati kita yang sedang sedih dan kecewa bertambah juga menjadi benci. Orang yang tadinya teman kita karena kita berburuk sangka bisa jadi malah menjadi musuh kita di kemudian hari

  1. Perbanyak Sedekah

Sedekah bisa memperbanyak rezeki. Salah satu rezeki adalah dilancarkannya urusan kita. Maka ketika ada sesuatu di luar keinginan kita cobalah berbagi dengan orang yang tidak mampu. Dengan banyak berbagi akan banyak pula orang yang mendoakan kebaikan untuk kita.

Itulah lima hal yang bisa kita lakukan dikala hati sedang berduka, sedih, kecewa maupun gundah gulana. Tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah semua tergantung dari niat kita. Yang jelas mari mulai buang hal-hal negative yang mulai menempel pada diri kita. Ganti dengan hal-hal yang positif sehingga kita bisa memandang dunia dengan lebih cerah.

Semangat pagi. Semoga bermanfaat.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply