Ketangguhan Wanita Sholihah

Wahai saudariku kaum wanita, Alhamdulillah, inshaallah kita semua sedang menuju menjadi wanita sholihah. Lalu apa setelah kearah wanita sholihah? Cukupkah hanya itu hanya menjadi wanita sholihah? Pantaskah mendapat julukan wanita sholihah? Bagaimana ketangguhan wanita sholihan? Sudahkah teruji?

Wahai wanita sholihah, sudahkah kita cerdas? Sabar?? Tegar? Lembut? Berani? sudahkah sifat-sifat mulia itu melekat dalam diri kita??? Menjadi wanita yang cerdas, walau mungkin tak kan menyamai Ibunda Aisyah. Menjadi wanita yang sabar seperti Fatimah Az-Zahra, sabar dalam setiap keadaan. Menjadi wanita yang Tegar seperti Ummu Sulaim, tegar dalam menghadapi segala cobaan hidup. Menjadi wanita yang Lembut, walau belum selembut Ibunda Khadijah. Menjadi wanita yang berani seperti Ibunda Shafiyah, berani mengatakan yang benar itu adalah benar dan yang bathil itu bathil.

Subhanallah seorang Siti Khadijah yang begitu agung cintanya pada Allah dan Rasulullah. Hartanya diperjuangkan ke jalan fisabilillah. Menjadi penawar hati kekasih Allah, yaitu rosulullah. Susah dan senang rela bersama. Bagaimana seorang Siti Aishah? Isteri Rasulullah yang bijak, pendorong kesusahan dan penderitaan, tiada sukar untuk dilaksanakan. Penyemangat perjuangan dakwah rosululllah. Lihatlah juga pegorbanan puteri solehah Siti Fatimah, akur dalam setiap perintah menaati ayahnya nabi Muhammad, yang sentiasa berjuang, tiada memiliki harta dunia, layaklah dia sebagai wanita penghulu syurga.

Apakah kita setabah umi Nabi Ismail?? Yang mengendong bayinya yang masih merah, mencari air penghilang dahaga diterik padang pasir merak. Ditinggalkan suami akur tanpa bantah. Pengharapannya hanya pada Allah. Itulah bunda Siti Hajar. Luar biasa ketangguhan wanita sholihah di jamannya. Bagaimana dengan kita di jaman millennia ini apakah berubah? Tentu tidak. Mampukah kita menjadi wanita sholehah, mati dalam keunggulan iman bersinar indah, harum tersebar bagai wanginya pusara Masyitah. “sebaik-baik perhiasan dunia adalah Wanita yang Sholehah.”

Wanita sholihah yang tangguh dan kuat adalah, wanita yang penuh percaya diri dan tahu bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Jangan sampai orang lain menganggap Anda tidak berdaya dan tidak bisa berbuat apa-apa. Menjadi wanita sholihah yang berkarakter kuat, menjadi kuat bagi diri sendiri dan bagi orang-orang terdekat yang Anda cintai. Ada banyak yang bisa Anda dilakukan untuk menjadi wanita sholihah yang tangguh

a. Tenang menghadapi masalah: Bila seorang wanita sholihah bisa tenang saat menghadapi masalah, maka bisa tenang pula mencari jalan keluar. Karena jika berfikir sebaliknya, yang terjadi adalah hanya kebingungan yang di dapat. Syaithonpun dengan mudah menggoda keimanannya.
b. Jangan mudah putus asa: Hadapi segala permasalahan dengan lapang dada, urai satu persatu, jangan terburu-buru. Jangan sungkan untuk bertanya dan sharing tanpa harus membuka aib atau masalah. Yakin permasalahan akan selesai, jangan lupa melibatkan Sang Maha jika hati penuh keresahan. Serahkan dalam sujud panjangmu padaNYa
c. Jangan mudah mengeluh, jalani segala permasalahan dan hidup seberat apapun. Allah memberimu masalah untuk membuatmu kuat dan tangguh, dan Allah memberimu masalah sesuai dengan takaran kemampuanmu. Dan banggalah terpilih untuk menghadapi masalah sebagai praktek di Universitas kehidupan.

Ketangguhan wanita sholihah itu inshaallah mudah dilakukan, hanya butuh kemauan dan istiqomah. Dengan contoh yang telah diajarkan saat jaman rosulullah dan cara begaimana menjadi wanita sholihah yang tangguh. Yuk, terus melatih diri untuk menjadi tangguh. .

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply