Kenapa Harus Nulis?

Buat orang yang kurang banyak bicara (dan kurang pergaulan) seperti saya ini, ternyata menulis itu penting. Padahal sebagai perempuan,  seharusnya saya cerewet, yang mitosnya harus mengeluarkan 20.000 kata perhari supaya dikatakan sebagai perempuan yang sehat dan normal. Mungkin lebih mudah jika pertanyaannya diubah menjadi “Kenapa harus membaca?” karena saya suka sekali membaca. Namun ternyata,  menulis dan membaca ibarat saudara kandung yang tak terpisahkan. Keduanya punya manfaat yang sangat banyak, tak perlu dibahas karena sudah banyak artikel yang membahas. Sayangnya, urusan tulis menulis ini juga gak mudah buat saya. Ketika sudah dihadapkan pada media untuk menulis, tak selancar kata-kata yang meluncur di pikiran. Ide-ide seperti menguap terbawa angin. Ya,  mungkin hanya soal kebiasaan saja. Semakin terbiasa menulis akan semakin lancar dalam menuangkan pikiran. Paling tidak,  ada beberapa manfaat menulis, terutama bagi seorang perempuan, antara lain :

  1. Mudah dan murah, dapat dilakukan di mana saja,  kapan saja dan oleh siapa saja
  2. Menyehatkan jiwa dan menstabilkan emosi sehingga membentuk pribadi yang optimis dan positif dalam memandang kehidupan
  3. Merupakan kegiatan untuk memanfaatkan waktu secara produktif
  4. Menjadi profesi yang dapat menghasilkan nilai ekonomis
  5. Menjadikan pribadi sebagai pribadi yang bermanfaat dengan membuat tulisan yang mampu menginspirasi orang lain
  6. Menjadi ilmu jariyah yang bermanfaat di dunia dan akhirat dengan membagikan informasi dan ilmu melalui tulisan kepada orang lain
  7. Memperluas wawasan dan meningkatkan kecerdasan karena untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas perlu banyak membaca dan belajar.

Fakta bahwa minat baca di negara ini masih rendah sangat menyedihkan. Padahal sangat rugi orang yang dalam hidupnya tidak suka , tidak mau,  atau tidak punya kesempatan menikmati membaca buku. Bukankan perintah pertama Allah kepada manusia adalah iqro!,  membaca. Maka pasti hal itu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia di muka bumi. Membaca dapat mengantarkan keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.

Kesukaan saya dalam membaca ternyata membawa rangkaian konsekuensi untuk menulis. Dalam hati saya ingin sekali menularkan kebahagiaan dan kenyamanan yang saya rasakan ketika membaca. Saya ingin membagi informasi penting yang saya dapatkan dari buku yang saya baca kepada orang lain. Istilah kerennya, menginspirasi. Ada kebahagiaan ketika melihat seorang teman menjadi lebih optimis memandang kehidupan setelah saya memberi motivasi kepadanya. Saya merasa menjadi manusia yang bermanfaat dan hidup saya tidak sia-sia. Salah satu caranya adalah dengan menulis. Walaupun kemampuan menulis saya masih sangat kurang, tulisan saya belumlah sebrilian banyak penulis yang berbakat. Saya merasa tulisan saya masih sangat sederhana dan kurang luwes. Jadi mau tidak mau , saya masih harus banyak belajar, salah satunya dengan mengikuti pelatihan penulisan seperti komunitas menulis online ini. Semoga dengan mengikuti pelatihan KMO ini, menulis menjadi mudah dan sederhana bagi saya.

Oleh : Asti Afiatianingrum

Kelompok 4 KMO 8 A

Rate this article!
Kenapa Harus Nulis?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

One Response

  1. author

    agus2 years ago

    keren ini. saya suka poin 6

    Reply

Leave a Reply