Kenapa Harus Nulis?

Butuh empat tahun untuk menjadi sarjana, dan untuk menjadi dokter perlu nambah dua tahun koas. Tapi untuk menjadi seorang penulis, kita hanya cukup memutuskan bahwa hari ini kita adalah penulis. Modal awal yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah percaya diri. Hal ini sangat penting kareba sangat berpengaruh dengan hasil tulisannya. Aktivitas menulis tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, bagi diri sediri menulis dapat mengasah kecerdasan otak dan sebagai sarana ekspresi jiwa atas apa yang dirasakan dalam pikiran dan perasan.
Ada banyak alasan yang mendasari kenapa kita harus menulis? Apakah karena ingin keren dan dikenal oleh banyak orang? Atau hanya untuk mengejar materi semata? Menulis itu bukan masalah keinginan, tapi menjadi sebuah keharusan. Tulisan yang kita buat sangat berpengaruh terhadap pembacanya. Sehingga tulisan yang kita buat harus dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan dampak yang positif bagi pembacanya.
Berikut beberapa alasan kenapa kita harus menulis?

1. Menulis merupakan sarana untuk berbagi ilmu dan informasi.
Di era sekarang banyak sekali media yang dapat kita gunakan untuk mempublikasikan tulisan, misalnya koran, majalah, media sosial, dll. Semakin banyak orang yang membacanya maka akan semakin luas manfaatnya.

2. Meninggalkan jejak untuk orang yang kita cintai.
Dari tulisan yang ditinggalkan para leluhur, kita dapat mengetahui sejarah. Demikian juga jika kita ingin meninggalkan jejak untuk orang yang kita cintai, mulailah menulis dari sekarang. Suatu saat mereka akan dapat membacanya meskipun kita sudah tidak ada. Berkaryalah dengan tulisan mulai dari sekarang, sebuah karya baik pasti akan selalu dikenang.

3. Menulis dapat mencegah stress
Saat kita stress, marah, dan sedih, biasanya apa yang kita lakukan? Dari pada menyalurkan pada hal hal yang tidak berguna dan menimbulkan enegi negatif, lebih baik kita menyalurkan perasaan tersebut melalui kegiatan yang positif. Luapkanlah perasaan tersebut melalui tulisan. Dengan menuliskannya ke dalam bentuk tulisan, membuat beban psikologis tersebut menjadi berkurang. Perasaan kita akan kembali lega.

4. Menulis merupakan sarana komunikasi yang efektif dan memerbaiki keadaan.
Berkomunikasi tidak hanya dilakukan dalam bentuk lisan, adakalanya orang lain merasa malu atau segan jika mengkomunikasikan sesuatu melalui lisan, sehingga jika dipaksakan tentu saja hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Tapi jika pesan yang ingin kita komunikasikan, dituangkan dalam tulisan dan dirangkai sedemikian rupa sehingga tulisan yang dibuat dapat dipahami dengan baik.

Demikianlah beberapa alasan kenapa harus menulis? Smoga kita dapat memberikan lebih banyak lagi kebaikan melalui tulisan yang kita buat.

Rate this article!
Kenapa Harus Nulis?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: