Kenapa Harus Nulis?

Kenapa kita harus menulis? Apa alasan kita menulis? Menulis dapat diartikan sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Sejak kecil kita sudah akrab dengan kegiatan menulis. Menulis adalah materi dasar yang pertama kali diberikan di sekolah selain membaca dan berhitung. Setelah itu kegiatan menulis terus dilakukan sepanjang masa sekolah, kuliah, kerja dan di kehidupan sehari-hari. Sejak saya bisa menulis, banyak alasan kenapa saya harus menulis.

Saya menulis karena saya harus menulis. Kenapa harus menulis? Sebelumnya tidak ada hal romantis yang menjadi alasan saya harus menulis. Saya menulis karena di sekolah dan kuliah, begitu juga di tempat saya bekerja saya diharuskan untuk menulis. Untuk mencatat pelajaran, ketika ujian, untuk membuat karya tulis, skripsi, laporan kerja, dan sebagainya.

Tapi ada kegiatan menulis yang sangat saya sukai ketika saya kecil, yaitu menulis surat untuk ayah saya. Tugas negara mengharuskan ayah saya sering meninggalkan keluarga. Kebetulan ayah saya yang seorang peneliti adalah orang yang rajin menulis. Termasuk menulis surat untuk ibu saya dan anak-anaknya. Ketika sedang bertugas jauh dari rumah, beliau secara berkala menulis surat untuk ibu saya dan masing-masing anaknya. Saya selalu menunggu-nunggu surat dari ayah saya, dan dengan gembira menulis surat balasan. Berbeda dengan kegiatan menulis di kantor, kegiatan menulis surat ini terasa sangat menyenangkan bagi saya, karena saya bisa menceritakan pengalaman saya, mencurahkan perasaan dan pikiran saya.

Semakin saya dewasa, saya semakin terasa membutuhkan menulis sebagai sarana untuk melepaskan. Ketika ide-ide dan pikiran-pikiran memenuhi kepala saya dan terus memenuhi kepala saya tak peduli berapa banyak saya membicarakannya. Maka saya menulis dan terus menulis. Walaupun saya masih belum mengetahui kemana tulisan-tulisan saya akan membawa saya. Dan semakin saya sering menulis semakin banyak ide-ide dan pikiran-pikiran mampir di kepala saya.

Jadi, saya menulis sebagai suatu keharusan.
Saya butuh menulis seperti saya butuh bernafas.
Saya menulis ketika itu satu-satunya jalan yang bisa membuat semuanya jadi masuk akal.
Saya menulis untuk mengingat.
Saya juga menulis untuk melupakan.
Saya menulis sekedar untuk melegakan perasaan saya, bahwa semua akan baik-baik saja.

Kadang-kadang saya membagikan tulisan saya agar orang-orang yang mempunyai pengalaman, perasaan, ide dan pikiran yang sama dengan saya, tidak merasa sendiri. Lebih dari itu semoga pembaca tulisan-tulisan saya bisa mendapat manfaat. Semoga saya bisa menebar kebaikan melalui tulisan-tulisan saya.

Menulis merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari hidup kita, entah apa bentuk tulisan kita. Karena kita tidak bisa hidup selamanya, biarlah kenangan tentang kita yang hidup selamanya melalui tulisan-tulisan kita. Karena itu tulislah yang baik-baik.

Rate this article!
Kenapa Harus Nulis?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: