Kenapa Harus Menulis?

Jika sudah bergelut dalam dunia tulis atau yang lebih di kenal sebagai dunia penulis. Maka, akan ada satu pertanyaan yang sangat sering di lontarkan yaitu “Kenapa harus menulis?”. Untuk menjawabnya terkadang kita harus berpikir berulang-ulang dan bahkan ada beberapa orang yang tidak mampu menjawabnya dan berhenti menulis. Sebenarnya jawaban dari pertanyaan itu sangat gampang. Kenapa harus menulis? Yah, dengan menulis maka kita akan dapat menyampaikan infomasi, pengalaman, bahkan dapat berdakwah melalui apa yang kita tulis.

Banyak orang-orang yang tidak pandai dalam berbicara ketika di tanya; kamu banyak ilmu kenapa tidak di sampaikan atau di dakwahkan? Namun, seseorang itu bingung bagaimana cara menyampaikan semua ilmu yang dia punya kepada orang lain, sementara dia hanya seorang pemalu dan tak pandai dalam berbicara. Maka, jawabannya adalah dengan menulis. Melalui tulisan orang tersebut tidak harus berbicara di atas podium dan di dengar orang banyak, tidak juga harus mendatangi orang satu persatu untuk menyampaikan ilmu yang ingin di sampaikan. Melalui tulisan yang dia buat dalam karya tulis baik cetak maupun sosmed, orang-orang akan membaca setiap ilmu yang dia sampaikan. Bahkan penyampaian materi melalu karya tulis lebih banyak didengar dan diingat oleh setiap orang di bandingkan penyampaian secara langsung.

Sebagai contoh pada acarah cerama atau acarah pematerian ilmu, seorang yang benar-benar menyimak dengan sesama setiap ucapan dari pembicaranya dengan mudah melupakan atau terlupa dari setiap materi yang di sampaikan ketika acarah berakhir atau beberapa hari, bulan dan tahun kemudian. Jadi, apa yang mereka dapat ketika acarah sudah selesai? Tidak ada. Hanya keramaian acarahnya yang di ingat dan bahkan nama pembicaranya saja terlupakan. Namun apabila di sampaikan melalui media tulisan, mereka dapat mengulang-ngulang setiap apa yang di samapaikan, sehingga apa yang di sampaikan akan terus dapat di ingat dan ketika terlupa hal yang harus dia lakukan adalah kembali membacanya.

Otak manusia memiliki kapasitas memori tidak semua hal dapat kekal di ingat di dalam otak sehingga nggak semua yang di sampaikan dapat di serap dengan baik.

Selain itu. Dengan menulis juga kita akan merasakan ketenangan dalam diri kita. Kita tidak perlu mencari teman curhat untuk menceritakan semua yang kita rasakan, karena melalui menulis kita akan bisa lebih leluasa menyampaikan isi hati kita ke dalam karya tulis itu tanpa harus rahasia itu bocor di tangan orang lain. Melalui cerpen atau novel contohnya, kita bisa merubah sudut pandang kita dengan orang lain walaupun sebenarnya sifat dan segala bentuk tragedi yang di sampaikan pada cerita itu adalah diri kita sendiri.

Jadi, kenapa harus tidak menulis?. Ayoooooooo mulai menulis…..

Rate this article!
Kenapa Harus Menulis?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: