Kenapa Harus Menulis

Nama : Hartina

Kel : 3B KMO

PJ : Mba Ila

Kenapa Harus menulis

Saya yakin semua pasti sudah mendengar kalimat ini : “Buku adalah jendela dunia”. Yah itu adalah pepatah yang seringkali kita dengar dan lihat tulisannya ditembok-tembok perpustakaan. Buku itu tidak akan menjadi sesuatu yang hasilnya dikatakan sebuah buku melainkan harus melalui proses yakni proses mengumpulkan ide atau gagasan, memematakannya lalu ditulislah melalui ungkapan-ungkapan yang bisa diterima oleh pembacanya. Hal ini menunjukkan bahwa tanpa tulisan tidak akan bermakna ide atau gagasan seseorang atupun kelompok tersebut.

Selain itu menulis merupakan kegiatan yang sangat banyak manfaatnya Manfaatnya dapat dirasakan diberbagai aspek antara lain karir, ekonomi bahkan kesehatan dan masih banyak lagi. Berikut uraian yang bisa saya sampaikan :

# karir : Seorang dosen yang memiliki tanggungjawab agar bisa mengemban tri dharma perguruan tinggi , yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengajaran akan berjalan dengan baik, diperlukan alat bantu yang ditulis oleh dosen sebelum memulai pembelajaran. Alat bantu itu contohnya modul. Dengan adanya modul dari hasil karya dosen maka itu menambah poin dosen untuk meningkatkan pangkat dan golongannya. Apalagi jika ditambah dengan hasil karya ilmiah yang ditulis oleh seorang dosen sebagai bukti bahwa ia adalah seorang dosen yang mengemban tanggungjawab tri dharma perguruan tinggi dibidang penelitian. Dan wujud nyata di bidang pengabdian kepada masyarakat adalah dengan adanya laporan hasil kunjungan kepada masyarakat.

# ekonomi : banyak teman-teman kita yang menambah penghasilan bahkan hanya bergantung dari hasil karyanya dalam bentuk tulisan. Ini menunjukkan bahwa tulisan juga membantu perekonomian seseorang.

# kesehatan : ketika kita menulis dalam keadaan rileks ternyata terjadi sirkulasi udara yang baik dalam tubuh kita sehingga memperlancar peredaran darah ke otak. Jika peredaran darah lancar maka fungsi organ dalam tubuh akan bekerja dengan sempurna.

Itulah sebagian kecil dari manfaat kegiatan menulis yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Maka untuk memperoleh manfaatnya sebaiknya menulislah sebanyak-banyaknya. Selain bermanfaat bagi diri sendiri juga sangat membantu orang lain. Semoga tulisan ni juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Rate this article!
Kenapa Harus Menulis,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. author

    Ferryyuli2 years ago

    mbak ila, ini akun ku Ferry

    Reply

Leave a Reply