Kenapa Harus Menulis ?

Nama : Khoiril Anwar

Kelompok : KMO 8B (3B)

Waktu terus berjalan dan setiap manusia tinggal menunggu waktu untuk kembali menghadap Allah. Waktu sangat berharga bahkan di dalam  Al Quran surat Al-Ashr  dijelaskan bahwa Demi Masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran. Bahkan waktu itu diibaratkan dengan pedang yang apabila tidak kau gunakan buat kebaikan maka dia akan menebasmu.

Sudah berapa banyak waktu yang kita buang dengan hal yang sia-sia, waktu yang kita habiskan buat bersenang-senang dan waktu yang terbuang percuma tanpa adanya kebajikan di dalamnya. Begitu sepelenya kita memandang waktu. Masih muda kah kita? Sehingga menganggap bahwa hidup ini masih panjang, masih terlalu lama ajal untuk menghampiri,  padahal sakaratul maut tidak pernah memandang apapun untuk datang menjemput.

Sungguh tragis apabila aku termasuk kedalam golongan orang-orang yang merugi, orang-orang yang tidak bisa menggunakan waktunya demi kebaikan dan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Pecundang, mungkin layak disematkan kepadaku yang masih saja enggan untuk memanfaatkan waktu bahkan masihkah hidup ini bermanfaat buat orang lain atau keberadaan diriku di muka bumi ini dalam waktu yang singkat  dapat mendekatkan diriku atau orang lain pada Allah?

Gunakanlah waktu itu untuk menulis, menulislah yang dengan tulisan itu semoga membuat waktuku dan hidupku menjadi bermanfaat, membuatku dapat saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran serta keberadaan diriku dapat mendekatkan diri dan orang lain pada Allah. Ketika mulut sedikit sulit untuk mengajak kebaikan semoga dengan tulisan ini bukan hanya dapat menggetarkan hatiku tapi juga mampu menggetarkan dunia untuk mengajak kebaikan, untuk saling menasehati dan lebih mendekatkan diri pada Allah.

Dari sebuah tulisan dapat menyatukan yang tercerai berai, dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, bukan hanya saudara terdekat bahkan saudara yang terjauh sekalipun yang berbeda negara dapat kita bantu lewat sebuah tulisan. Begitu besarnya pengaruh sebuah tulisan sehingga mampu untuk merubah suatu peradaban.

Tuangkan  ke dalam tulisan ketika Allah masih memberikan waktu untuk hidup di dunia. Selagi tulisan itu tidak melenceng dari Al Quran dan As-Sunnah, Semoga Allah akan menjadikan tulisan yang kita buat dapat bermanfaat dan semoga  makin mendekatkan seseorang itu kepada Allah. Setidaknya kita sudah mempergunakan waktu yang diberikan untuk berbuat kebaikan dan semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang rugi.

Pada akhirnya menulis dapat memberikan makna dalam hidup, makna dalam waktu dan semoga kelak dapat menjadi amal jariyah, ketika dunia yang penuh tipu daya ini ditinggalkan untuk selama-lamanya.

 

Rate this article!
Kenapa Harus Menulis ?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply