“Kenapa Harus Menulis?”

 “Coretan Seorang Pemula”

Iim Mufadilatul Chasanah

08A Kelompok 08

Menulis?

Mungkin kata ini sudah tak asing lagi bagi kita. Nyatanya benar karena kata menulis sudah dilakukan setiap orang ketika dia masuk dalam jenjang sekolah seperti Playgroup, TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai kuliah. Bisa dikatakan juga menulis suatu kewajiban yang harus dilakukan sebagai peserta didik. Sekarang yang jadi pertanyaan, mengapa kita harus menulis? Jika dihubungkan sebagai peserta didik kita tau bahwa alasan peserta didik menulis adalah untuk mengingat pelajaran yang diberikan oleh pendidik. Terkadang hasil tulisan peserta didik tersebut bisa bermanfaat sampai ke jenjang selanjutnya seperti pada pelajaran SMA bisa dipakai ketika kuliah. Hal ini juga menunjukan bahwa menulis itu manfaatnya sangat besar bagi kita. Itulah pentingnya menulis.

Dalam pengalaman yang pernah saya alami, bisa dikatakan bahwa saya adalah orang yang males dalam hal menulis. Alasan saya karena tulisan saya tidak menarik alias tidak rapi. Tapi dalam keadaan modern ini menulis tidak hanya menggunakan kertas. Kita bisa menulis menggunakan HP ataupun Laptop. Ketika saya kelas 3 Aliyah atau SMA sederajat, saya pernah mengikuti Seminar Kepenulisan yang pematerinya adalah guru saya sendiri. Beliau memberi beberapa motivasi dalam menulis, saya memiliki rasa kagum kepada beliau, karena beliau masih berusia muda 1 tahun lebih muda saya tetapi sudah lulus S1 bahkan beliau sudah menerbitkan beberapa buku. Subhanallah ya. Saya juga termotivasi menulis juga berkat beliau. Tidak hanya ketika Aliyah, ketika jadi mahasiswa saya juga pernah mengikuti seminar tentang kepenulisan, yang pematerinya adalah dosen saya sendiri. Beliau juga menyampaikan beberapa tips untuk menulis bahkan beliau mempunyai keinginan semua mahasiswanya harus suka menulis, karena kebanyakan para mahasiswa sekarang tidak suka menulis karena kesibukan mereka yang hobinya pada sosial media begitupun dengan saya, sehingga mereka tidak tertarik untuk menulis.

Dengan  seringnya saya mengikuti seminar, motivasi saya dalam hal menulis sangat besar. Saya sempat berfikir bahwa apa gunanya saya mengikuti banyak seminar tetapi usaha saya dalam menulis tidak ada, bisa dibilang karena kesibukan atau beberapa hal membikin saya tidak sempat untuk menulis. Setelah saya fikir-fikir memang benar jika kita ingin berjasa kepada orang lain maka kita harus berusaha untuk memberikan sesuatu kepada mereka. Bisa dengan pengetahuan kita yang luas, kita harus berbagi dengan mereka. Caranya bisa dengan membuat buku, mengadakan seminar, ataupun bisa dengan mengadakan kajian. Jika kita ingin dikenang maka terbitkanlah banyak buku sampai-sampai buku kita diminati orang banyak, dengan begitu kita akan selalu dikenang karena jasa kita.

Akhirnya pada bulan kemaren yaitu bulan november saya diajak oleh teman saya untuk mengikuti  kegiatan menulis online. Awalnya saya tidak tertarik, karena saya fikir kegiatan tersebut pasti seperti saling berbagi pendapat saja melalui chat. Kemudian saya iseng untuk mengikuti beberapa syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tetapi ternyata dalam kegiatan tersebut saya sadar bahwa kegiatan ini membimbing kita untuk jadi penulis. Inilah yang saya harapkan. Semoga niatan saya ini menghasilkan yang terbaik bagi saya. Amin.

Sedikit tambahan coretan: “Motivasi menulis sangat banyak, bisa dilihat melalui online atau bisa dengan seminar. Tetapi yang kita tanamkan pada hati adalah meyakini bahwa kita bisa. Memulai dengan niat yang bagus pasti hasilnya bagus. Semangat untuk berkarya, mari kita bersama-sama memberi warna kepada dunia dengan beberapa buku yang kita ciptakan. Untuk memotivasi dunia untuk menjadi yang lebih baik.”

Rate this article!
Tags:

2 Responses

  1. author

    Bintang Wahyu Illahi2 years ago

    Like!
    read back kaka

    Reply
    • author

      fadhilah chasanah2 years ago

      yes kaka

      Reply

Leave a Reply