Kenapa Harus Menulis?

Bismillaahirrahmaannirrahiim..

Kenapa Harus Menulis?

Inspirasi-Ekspresi-Aspirasi-Apresiasi

Menulis merupakan sebuah proses dalam menggagas ide-ide atau yang biasa juga disebut inspirasi yang muncul dalam pikiran seseorang kedalam kata-kata, yang dituangkan kedalam sebuah tulisan, dengan segala ekspresi atau gaya kepenulisan untuk dijadikan aspirasi yang merupakan tujuan dan cita-cita penulis terhadap tulisannya untuk mendapatkan berbagai apresiasi penghargaan dari pembacanya.

Jadi menulis terdiri dari 4 elemen kata yaitu inspirasi, ekspresi, aspirasi dan apresiasi. Dengan menulis seseorang dapat menyampaikan inspirasinya melampaui batas ruang, waktu dan dimensi.

Ruang yang terbatas pada posisi dimana si penulis berada dapat di lampaui dengan kemajuan teknologi. Berbagai media sosial yang berkembang saat ini, menjadi wadah yang baik untuk sebuah tulisan. Terlepas dari apakah tulisan itu merupakan hal yang bermanfaat atau tidak bagi pembacanya.

Waktu sekarang dan yang akan datang bahkan yang telah lalu tetap dapat di jelaskan dan digambarkan dengan sebuah tulisan. Pun dengan berbagai manfaatnya. Sebuah tulisan tidak akan pernah lekang oleh waktu, tergilas oleh arus modernisasi ataupun substansi.

Dimensi pada akhirnya adalah merupakan satuan ruang dan waktu yang akan kita temui pada akhirnya. Dimensi ini tidak bisa dinilai pada saat sekarang. Karena dimensi hanyalah dapat ditentukan keberadaannya oleh yang Maha Mencipta yaitu Allah.

Inilah beberapa alasan mengapa harus menulis?

Tulisan yang baik dan bermanfaat akan menjadikan pemberat timbangan pahala pada saat itu. Pun sebaliknya, jika tulisannya tidak baik bahkan membawa mudharat maka penulis pun pada akhirnya akan mempertanggungjawabkan tulisannya baik di dunia maupun diakhirat.

Jadi sebuah tulisan seharusnya adalah berkaitan dengan segala sesuatu yang berisi maslahah dan manfaat. Karena bukan semata hanya berbentuk sebuah tulisan yang dibukukan atau dicatat di dunia tapi juga akhirat.

Dengan sebuah tulisan pembaca dapat menemukan sebuah IDE yang dapat dikembangkan lebih luas, juga tulisan bisa memberikan SOLUSI atas sebuah masalah atau menjelaskan tentang suatu kejadian atau PERISTIWA yang telah lalu maupun yang akan datang yang mungkin belum pernah terlintas dalam pikiran dan imajinasi pembacanya sekalipun.

Namun sebuah tulisan juga dipengaruhi beberapa faktor yaitu masa lalu, emosi, pendidikan dan pengalaman si penulis. Seorang pembaca yang baik dan terlatih akan dapat mengetahui latar belakang sebuah tulisan, maksud dan tujuan si penulis.

Menulislah walaupun engkau bukan seorang yang ahli dalam memainkan kata.
Menulislah karena dengan tulisan engkau bisa membantu menentukan arah dan tujuan hidup.
Menulislah sebagai ladang amal untuk berangkat menuju akhirat kelak.
Menulislah sebagai tanda syukur engkau kepada Sang Pencipta yang telah memberikan berbagai kenikmatan dan kesempurnaan.

Mulailah dari yang paling sederhana.
Mulailah dari diri sendiri.
Mulailah dari sekarang

Salam santun
Dari yang merindukan jannahNya

Shahabat mu
Dewi Puspasari
KMOBatch8
Kelompok 7

Ciherang, Bogor
15 Desember 2016

Rate this article!
Kenapa Harus Menulis?,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

2 Responses

  1. author

    Tiesna Sutisna2 years ago

    Cakep…. terus semangat Dewi

    Reply
  2. author

    najmalimonu2 years ago

    Mantap

    Reply

Leave a Reply