Kenapa Harus Menuis?

Nama: Syarifah ( KMO 08B kelompok 10)

Tema : Kenapa Harus Menulis?

Dalam sebuah pepatah Yunani mengatakan bahwa “Segala hal yang tertulis akan abadi, sedangkan yang terucap akan hilang bersama angin,” maksud dari pepatah itu berarti kita harus banyak mengabadikan momen hidup kita dengan menulis, dengan menulis kita dapat menebar inspirasi, mengurangi stress, dan menjaga memori. Dan dengan menulis kita dapat belajar menata bahasa dengan baik. Menulis sebenarnya pekerjaan yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan dengan sepenuh hati. Oleh Sebab itu, ada juga orang yang menganjurkan agar “menulis dengan hati”, sehingga tulisan yang dihasilkan juga mengalir seperti air yang turun dari tebing kebawah bukit, lancar tanpa hambatan. Ada juga orang yang menganggap pekerjaan menulis itu berat dan membosankan. Pendapat itu tentu bukan tanpa alasan. Mereka umumnya bingung harus menulis apa dan untuk apa tulisan yang akan dibuatnya. Memang, jika orang menulis tanpa tujuan, tentu saja hasilnya akan sulit dan dijamin hambar dan tidak bernilai. Menulis harus mempunyai tujuan yang jelas, ibarat kita bicara, maka jangan bicara asal bicara melainkan bicara yang ada manfaatnya. Menulis pun seperti itu, menulis harus mempunyai tujuan yang jelas dan mempunyai perencanaan yang jelas pula.

Rasanya tak salah bila ada ungkapan lain “peradaban dapat dibangun lewat tulisan…” sebab, sebuah peradaban sebenarnya dimulai dari langkah yang sederhana yakni aktivitas menulis. Pada prinsipnya aktivitas menulis ini merupakan suatu kegiatan keterampilan bagaimana cara kita mentransforamasi pikiran kedalam media bahasa tulis. Menulis bukan lagi sebuah impian yang besar, ia akan memunculkan gagasan- gagasan besar, bagitu pula menulis bukan lagi masalah keinginan, tapi menjadi sebuah keharusan. Seperti halnya makan, kita sebagai manusia pasti butuh makan karena makan merupakan salah satu kebutuhan manusia agar mempunyai energi untuk melakukan aktivitas.

Dari alasan-alasan yang saya paparkan diatas maka saya mempunyai sebuah keinginan untuk menjadi seorang penulis yang professional. Sejak kecil saya sudah memulai atau menulis pengalaman-pengalaman saya sehari-hari atau yang sering kita kenal dengan “Diary,” hobi itu tetap berjalan sampai saya menginjak dewasa dan sampai saat ini. Walaupun saya tahu bahwa tulisan saya itu tidak bagus bahkan mungkin membosankan untuk orang lain. Namun, bagi saya itu adalah karya saya yang harus saya hargai karena tidak semua orang bisa melakukannya. Saya berharap dengan hobi ini akan dapat meningkatkan daya imajenasi dan kreativitas saya sehingga bisa seperti penulis terkenal yang saya kagumi “ Habiburrahman El Shirazy.”

Akhir kata saya berharap semoga apa yang saya paparkan dapat bermanfaat bagi orang lain dan khusunya bagi diri saya sendiri. Aamiin!

Rate this article!
Kenapa Harus Menuis?,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply