Kenapa harus kita harus menulis?

Nama : Siti Maryam

Kelompok : 08A kelompok 9

Kenapa harus kita harus menulis? pertanyaan sederhana yang tidak semua orang bisa menjawabnya. Menulis bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tetapi kemampuan menulis seseorang berbeda-beda. Menulis bukan hanya soal bakat, tetapi tentang kerja keras melatih diri untuk disiplin menulis. Banyak orang yang bisa sukses dengan tulisan-tulisannya yang menjual. Banyak juga orang yang terbantu dalam menemukan solusi dari permasalahannya karena tulisan orang lain. Menulis adalah merangkai kata-kata menjadi kalimat yang bisa dipahami dan dimengerti orang lain. Informasi yang disampaikan dalam tulisan bisa diterima orang lain jika tulisan tersebut disusun dengan rapi.

Menulis adalah mencurahkan isi hati lewat tulisan.  Ada hal-hal yang tidak bisa diucapkan lewat lisan, maka tulisan bisa mewakilkannya. Dengan menulis kita bisa mencapai kebebasan, menulis apapun yang kita rasakan tanpa malu seperti berbicara dengan orang lain, tanpa melihat ekspresi orang lain dan tanpa takut menghadapi komentar orang lain.  Menulis sama halnya berkomunikasi dengan diri sendiri. Ketika kita sedang gundah karena mempunyai banyak masalah, kita bisa menuangkannya dalam tulisan. Menulis apa yang sedang kita alami dapat mengurangi beban yang ada dalam diri kita. Menulis tentang kebahagiaan atau kesedihan yang dialami bisa membuat kita lebih ringan menghadapi hidup. Dengan mencurahkan isi hati lewat tulisan tentu saja bisa menghindarkan diri kita dari stress.

Tulisan kita yang berupa curahan hati atau pengalaman hidup juga bisa bermanfaat  untuk orang lain. Kebahagiaan yang kita dapatkan dan kita tulis bisa menjadi motivasi untuk orang lain. Begitu juga dengan kesedihan kita yang dituangkan dalam tulisan bisa menjadi pelajaran hidup untuk orang lain. Pengalaman apapun dalam hidup kita jika tertulis secara tidak langsung bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga untuk orang lain yang belum mengalaminya.

Menulis juga salah satu cara untuk menuangkan ide dalam pikiran. Sebagai manusia yang selalu berhubungan dengan manusia lain dan menemukan banyak hal di sekitarnya, memaksa kita untuk berfikir dan menciptakan ide dan gagasan untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Jika ide dan gagasan tersebut hanya disimpan dalam otak, maka lambat laun kita pasti akan lupa dan ide tersebut menjadi sia-sia. Ide dan gagasan yang keluar sebaiknya segera dituangkan dalam bentuk tulisan yang bisa dimengerti oleh orang lain. Ide atau gagasan kita yang dituangkan dalam tulisan bisa juga bermanfaat untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain.

Jadi, tulislah apapun yang ingin kita tulis, tuangkan segala ide dan gagasan dalam otak kita, karena kita tidak tahu suatu saat nanti akan ada orang yang bisa mengambil manfaat dari tulisan kita. Sebaik-baik orang adalah yang bisa bermanfaat  bagi orang lain, meskipun hanya lewat tulisan.

Rate this article!
Tags:
author

Author: