Kenali Tanda-Tanda Kakak Cemburu Pada Adik

Kehadiran adik baru dalam keluarga memang membuat bahagia. Namun jangan lupa ada sang kakak yang juga masih butuh perhatian. Jangan sampai kita abai terhadapnya.

Kadang kakak merasa tersisih dengan kehadiran adik baru ini. Hal tersebut menyebabkan menjadi cemburu kepada adik. Orang tua harus peka menghadapi situasi ini, segera atasi kecemburuan sang kakak sebelum terlambat. Yuk kenali tanda-tanda ketika sang kakak cemburu pada adik.

1.Marah tanpa sebab
Apakah kakak sering marah tanpa sebab setelah kehadirang si adik? Bisa jadi dia sedang cemburu pada adik. Luapan kekesalan dan rasa cemburunya dikeluarkan dalam sikap marahnya.
Jangan tanggapi dengan emosi. Tapi coba tenangkan marahnya dan ajak bicara dari hati ke hati penyebab marahnya dan cari solusi bersama.

2. Menyakiti adik
Apakah kakak suka menyakiti adiknya? Menyakiti adik ini sebenanrnya ada 2 jenis yang pertama memang mau menyakiti adik karena alasan tertentu, kedua karena tidak tahu bahwa perbuatannya menyakiti adiknya.
Untuk kategori yang pertama biasanya diikuti dengab kemarahan si kakak. Kakak betul-betul ingin menyerang adiknya dengan alasan tertentu. Mungkin merasa cemburu, merasa kesal atau merasa terganggu.
Yang kedua biasanya kakak berniat mengajak adiknya bermain tetapi tidak tahu bahwa perbuatannya menyakiti adik.
Solusi untuk yang pertama sama dengan kakak yang suka marah, tenangkan dulu kemudian ajak bicara dan cari soluso bersama. Sedangkan untuk yang kedua ibu jarus bisa mengarahkan sang kakak dan memberitahu bahwa perbuatannya menyakiti adiknya.

3. Merusak barang
Kadang luapan marah tak cukup untuk mengekspresikan cemburunya. Merusak barang kadang baru bisa membuatnya puas. Merusak barang ini bisa dengan berbagai cara yaitu melempar, dipukulkan ke lantai atau dipukul dengan benda lain yang lebih keras. Kadang tak hanya merusak barang tapi juga membuat berantakan seisi rumah.
Tetap tenang ya ibu, tetap tahan emosi walaupun kadang hal ini menguji kesabaran. Tetap tenangkan anak baru kemudian diajak diskusi.

4. Memusuhi ibu dan adik
Kemarahan anak yang dibiarkan lama-lama bisa membuat anak benci terhadap ibu dan adiknya. Hal ini terlihat dari sikapnya yang memusuhi ibu dan adik.
Jangan biarkan hal ini berlarut-larut segera berikan perhatian untuk kakak.

5. Anak lebih senang bermain di luar rumah.
Lama-lama kakak menjadi tidak betah di rumah karena perhatian lebih ditujukan untuk adik. Kenali tanda ini ya bu, jangan merasa bahwa pekerjaan lebih ringan sekarang karena menganggap anak mandiri. Justru di luar sana kita tidak bisa mengontrol pergaulannya.

Yuk segera kenali tanda-tanda ini. Jangan sampai kecemburuan kakak menjadikan jarak dengan ibu dan adik.

About the Author

Admin

No Comments

Leave a Reply