KEMULIAAN ORANG BERILMU

 

KEMULIAAN ORANG YANG BERILMU 

BISMILAH………..

Sebelumnya maafkanlah diri saya sendiri berani memposting artikel tentang Kemuliaan Orang Berilmu, karena artikel ini pertama kali saya hadiahkan dan tujukan buat diri saya sendiri. Untuk  lebih bisa bercermin diri dan mawas diri dalam belajar selalu memperbaiki diri dengan lebih baik. Ka rena artikel ini saya buat karena dengan melihat sosok teman dan para sahabat saya yang sudah serasi dan harmonis dalam menjalankan ilmunya dengan lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Ketika bertemu, bersanding, dan berbicara kepada dia saya mempunyai perasaan sejuk dan tenang.Ketenangan dalam diri memancar kepada sekitarnya sehingga hanya energi positiflah yang didapatkannya. Baiklah kawan  ijinkan saya mencoba menjabarkan dari versi saya bagaimanakah orang yang dikatakan berilmu itu.

Ilmu yang saya katakan disini adalah ilmu yang diberikan Alloh SWT kepada siapa saja yang dike-hendakiNya, Allah tidak akan membedakan hambanya kalau dia pantas menerimanya karena dia sudah memenuhi syarat dalam mendapatkannya. Ilmu adalah seperti cahaya atau petunjuk bagi manu sia untuk menjalankan kehidupannya dengan lebih baik sesuai dengan ilmu yang didapatkannya. Karena sebagai cahaya terang bagi manusia untuk keluar dari kegelapan dunia ini. Kehidupan dunia  yang sangat mempesona tapi sebenarnya adalah tipuan belaka.  Manusia butuh jalan sebagai pelu-rus jalan hidupnya ( ilmu ). Itulah mengapa dalam kehidupan ini kita butuh  ilmu untuk melakukan apapun.

Menurut saya orang yang sudah berilmu adalah orang yang sudah mempunyai tingkat keimanan kepada Allah SWT yang luar biasa, karena tidak mungkin orang dikatakan berilmu tapi dia sendiri ti dak pernah menjalankan perintah Alloh Swt. Karena ilmu dan iman adalah seperti dua sisi mata uang yang sama, Pastilah diketahui orang yang berilmu pastilah beriman. Semakin orang berilmu dia akan semakin mengenalkan dirinya pada Alloh SWT. Dia akan semakin cinta dan terbuai untuk selalu men jalankan perintah dan laranganNya. Dan mengetahui mana itu halal dan haram yang harus dia jalani.

Orang-orang berilmu sebagai tanda dia akan menjadi orang baik Rasulullullah SAW pernah bersabda ”Barang siapa dikehendaki Alloh sebagai orang baik maka Alloh akan memudahkan dia memahami islam”. Ilmu yang saya katakan ini adalah ilmu agama yang diberikan ALLAH SWT. Ciri orang yang berilmu adalah :

a.Semakin manusia dikatakan berilmu dia akan semakin rendah hati dan tidak sombong

b.Dia akan menutupi keilmuannya dari siapapun dan tak pernah menunjukkan bahwa dia bisa.

c.Menjalankan keilmuannya dalam tingkah laku sehari-hari

d.Selalu terbuai akan cintanya kepada Alloh Swt untuk selalu menjalankan perintah dan laranganNya

e.Dia mempunyai sifat amanah, jujur dan berkomitmen

f.Memiliki rasa takut yang tinggi kepada Alloh Swt

g.Dia akan menyebarkan ilmunya kalau sudah tau kebenarannya dan dia melakukannya bukan omong kosong belaka.   Ini adalah sebagian saja dari ciri orang yang berilmu karena ini adalah dalam pandangan saya sendiri. Orang lainlah yang mengatakan dia mampu, bukan dirinya sendiri yang berkata. Apapun perbuatan orang berilmu bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari. Bukan hanyan ucapan tapi perbuatanlah yang menunjukkan.

Begitulah sedikit artikel ini saya buat dengan mengajak diri saya sendiri dan kawan semua untuk lebih bisa terus belajar menjadi hamba Allah Swt yang sesungguhnya. Dan buat cerminan diri saya sendiri melangkah kedepan menjadi lebih baik amin.

Ilmu adalah pengetahuan secara meluas terhadap semua bidang disusun secara bersistem. Ilmu menempati kedudukan yang sangat penting dalam ajaran islam , hal ini terlihat dari banyaknya ayat al-Qur’an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia disamping hadis-hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu. Al-Qur’an merupakan ilmu pengetahuan , akhlak, sekaligus sebagai sumber ajaran agama islam. Dan kedudukan ilmu menurut islam ialah penekanannya terhadap ilmu,Al quran dan Al –sunah mengajak kaum muslim untuk mencari dan mendapatkan Ilmu dan kearifan ,serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat tinggi . Dan Allah Swt berfirman dalam al-Qur’an yang artinya: “Allah meninggikan beberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmupengetahuan)”. Sekian Wassalamualaikum Wr.Wb, sekian postingan dari saya dan tunggu postingan selanjutnya.

Teratai

Rate this article!
KEMULIAAN ORANG BERILMU,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply