Kegiatan Ramadhan Anak (Bagian 3)

Assalamu’alaikum Ayah Bunda hebat? Bagaimana puasa ananda di 3 hari pertama? Apakah terlihat proses yang baik? 😊

Memasuki hari ke 4 puasa, apakah Ayah Bunda mulai bingung mau memberikan aktivitas apa ya untuk ananda agar dapat mengisi waktu puasa mereka?

Nah beberapa hal ini bisa menjadi referensi kegiatan bersama ananda selama puasa. Jika di bagian 1 saya sudah memberikan 5 referensi kegiatan dan di bagian 2 saya memberikan contoh kisah dalam Al Quran, sekarang saya akan memberikan 5 referensi lagi ya.

1. Bereksperimen di dapur.

Bagi anak-anak, dapur adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain. Tidak terhitung mereka bolak-balik ke dapur untuk meminjam baskom, panci dan lain-lain sebagai bahan permainan mereka.

Nah, Ayah Bunda bisa mengajak ananda untuk bereksperimen di dapur. Mulai dari membuat menu buka puasa sampai membuat kue lebaran.

Biarkan ananda mencoba mengaduk, menggiling dan mencetak adonan. Insya Allah akan menjadi pengalaman baru untuk ananda.

2. Menonton film seru yang bermanfaat.

Jika selama ini Bunda membatasi ananda untuk menonton film, kegiatan satu ini bisa menjadi opsi agar ananda bisa menonton film yang bermanfaat.

Contoh filmnya adalah: Upin dan Ipin, Syamil dan Dodo, Diva the Series, Finding Nemo dan Finding Dory. Silakan ditambahkan lagi ya listnya. 😊

3. Bermain yang tidak melibatkan aktivitas fisik.

Mewarnai, melukis, membuat kerajinan tangan, bermain monopoli, halma, ular tangga atau bermain permainan stimulasi seperti ressa akan membantu menemani anak melewati waktu puasa.

4. Membuat dan berbagi takjil.

Kelanjutan dari poin no 1 yaitu bereksperimen di dapur. Kita bisa mengajak anak untuk membuat dan berbagi takjil sekaligus mengajari anak bersedekah.

5. Membuat poster bertema Ramadhan

Ajak anak untuk berkreasi dengan imajinasi mereka. Gunakan bahan-bahan yang ada di dalam dan sekitar rumah. Majalah bekas, daun-daunan dan kertas lipat bisa digunakan untuk membuat poster.

 

Nah, itu adalah 5 referensi kegiatan untuk mengisi Ramadhan anak. Mau mencoba? 😉

(Ayas Ayuningtias)

#SahurKata #KMO04

 

Baca juga kegiatan Ramadhan anak di link ini:

– Bagian 1 http://www.sarapankata.com/kegiatan-ramadhan-anak-bagian-1

– Bagian 2 http://www.sarapankata.com/kegiatan-ramadhan-anak-bagian-2

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply