Kegiatan Ramadhan Anak (Bagian 2)

Mengenalkan Kisah-kisah Dalam Al Quran dan Hadist Pada Anak

Sebagai umat muslim, mendekatkan anak kepada Al Quran adalah tugas kita sebagai orangtua. Salah satu caranya adalah dengan menceritakan kisah-kisah dalam Al Quran dan Hadist.

Sesuai janji saya pada artikel kemarin, saya akan memberikan contoh kisah dalam Al Quran.

“Kisah Tiga Orang dan Kebunnya Yang Hangus Terbakar”

Hiduplah seorang laki-laki tua yang saleh di Negeri Yaman. Dia memiliki kebun yang luas serta tiga orang anak. Laki-laki saleh ini selalu mengasihi anak-anak yatim dan memberi makan orang kafir dan miskin. Suatu hari, laki-laki saleh itu merasa ajalnya sudah dekat. Lalu dia berwasiat kepada ketiga orang anaknya agar selalu mengasihi dan memberi makan orang-orang miskin.

Setelah laki-laki saleh ini wafat, ketiga anaknya berkumpul. Mereka menetapkan waktu panen buah dan kebun luas warisan Bapak meraka. Mereka juga sepakat untuk tidak memberikan hasil panen kebun kepada orang-orang miskin. Mereka ingin menikmati sendiri hasil panen tersebut.

Akan tetapi, saudara mereka yang pertengahan (anak kedua), yang merupakan anak paling adil, berkata, “Kita harus menunaikan hak Allah dan memberi makan orang-orang miskin sebagaimana yang biasa dilakukan Ayah kita. Sehingga, Allah melimpahkan kebaikan dan keberkahan kepada kita.”

Nasihat anak kedua itu tidak didengarkan. Kedua saudaranya yang lain malah pergi meninggalkannya. Bahkan mereka berkata kepada anak yang kedua itu, “Untuk apa kita berikan harta kita kepada fakir miskin. Bukankah lebih baik kita panen hasil kebun kita besok, dan kita jual semuanya?”

Mendengar ucapan kedua saudaranya itu, anak yang kedua tidak dapat berbuat banyak. Keesokan harinya, pagi-pagi mereka telah bangun tidur. Mereka merasa sangat gembira. Mereka pikir akan memperoleh banyak keuntungan karena memanen perkebunan yang luas dengan hasil yang melimpah ruah.

Mereka berbicara dengan suara pelan dan berbisik. Mereka khawatir ada orang miskin yang mendengar pembicaraan mereka. Karena pikir mereka, jika ada orang miskin yang dengar, maka orang-orang miskin itu akan datang berbondong-bondong mengharapkan sedekah.

Akhirnya, ketiga anak itu pun pergi melangkah pergi ke kebun. Mereka berjalan dengan wajah berseri-seri. Namun alangkah terkejutnya mereka, tatkala sampai di kebun mereka mendapati hal yang tidak pernah mereka duga. Mereka melihat kebun mereka telah hangus terbakar menjadi arang hitam. Tiada satu pohon pun tersisa. Ternyata, kebun itu terbakar ketika mereka sedang asyik tertidur.
(Berdasarkan Q.S. AL-Qalam: 17-33)

Sumber kisah: Alquranku For Kids

Apa moral yang didapat dari kisah di atas?

Moral yang bisa diajarkan ke anak melalui kisah di atas adalah:
1. Dengarkan dan patuhilah pesan orangtua.
2. Allah Maha Mengetahui. Apa yang tidak didengar orang lain, Allah tetap tahu.
3. Bersedekah itu baik. Karena sebaik-baik harta adalah harta yang sebagiannya disedekahkan untuk umat.

Masya Allah, banyak pembelajaran yang kita dapat ya. Jangan lupa, besok saya akan share mengenai kegiatan Ramadhan untuk anak yang berikutnya.

Semoga menambah wawasan dan ide untuk para orangtua dalam menyemangati anak menjalankan ibadah puasa. 😊

(Ayas Ayuningtias)

#SahurKata

#KMO03

Link Kegiatan Ramadhan (bagian 1) : http://www.sarapankata.com/kegiatan-ramadhan-anak-bagian-1

Rate this article!
Tags: