Kegiatan Ramadhan Anak (Bagian 1)

Banyak orangtua hebat yang peduli pada perkembangan anak dengan berpuasa mengalami kebingungan akan memberikan kegiatan apa selama bulan Ramadhan untuk anak. Alasannya jelas supaya anak bisa melalui puasa dengan lancar tanpa rengekan lapar dan haus.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak selama bulan Ramadhan, karena itu saya akan membahasnya dalam beberapa bagian artikel.

Hari ini kita membahas 5 kegiatan yang asyik dilakukan bersama anak di Bulan Ramadhan.

1. Membaca dan mengkaji Al Quran bersama Ayah Bunda.

Orangtua adalah sekolah pertama dalam kehidupan anak. Madrasah keluarga, begitu umat muslim menyebutnya. Karena itu mengajari anak belajar membaca Al Quran adalah tanggung jawab orangtua.

Pilihlah waktu khusus yang bisa dilakukan terus menerus di hari-hari berikutnya agar terpola susunan waktu yang baik. Misal: 30 menit setelah sholat subuh, anak bisa belajar membaca Al Quran bersama Bunda. Atau 30 menit sebelum tidur, setelah sholat Isya, anak bisa mengkaji isi Al Quran bersama Ayah.

Jika anak sudah lancar membaca Al Quran, bisa tadarus bersama-sama Ayah dan Bunda.

2. Bersilahturahmi dan berbuka puasa bersama kerabat atau anak-anak panti asuhan

Berbuka puasa bersama kerabat, akan mengajarkan anak untuk bersilahturahmi dan mengenal para kerabatnya.

Anak juga bisa mendapatkan sahabat baru dengan berkenalan dengan teman-teman di panti asuhan saat berbuka bersama. Selain itu, dengan berbuka puasa di panti asuhan, anak akan belajar bersedekah serta mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.

3. Menyiapkan celengan sedekah.

Darimana datangnya dana untuk berbuka puasa bersama kerabat atau berbuka puasa bersama di panti asuhan? Apakah harus menyiapkan dana khusus?

Jawabnya adalah jika tidak mau memberatkan, Ayah Bunda bisa mengajari anak untuk menabung di celengan sedekah.

Jadi Ayah Bunda juga sekaligus bisa mengajari anak mengenai arti uang, pentingnya bersedekah dan bagaimana menyalurkannya.

4. Jalan-jalan ke toko buku.

Senang sekali rasanya jika anak mencintai dan suka kegiatan membaca buku.

Bagi umat muslim, membaca adalah hal yang diminta oleh Allah kali pertama. Iqro, bacalah!

Buku, bukan sekedar lembaran kertas berisi permainan kata. Di dalamnya banyak sekali ilmu dan pembelajaran. Melalui buku, kita bisa bepergian ke seluruh penjuru dunia tanpa harus beranjak.

Nah, kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak selama bulan Ramadhan adalah jalan-jalan ke toko buku sambil menunggu waktu berbuka.

5. Membaca kisah-kisah Nabi atau kisah-kisah dalam Al Quran dan Hadist.

Ayah Bunda hebat tentu tahu bukan bahwa banyak sekali kisah-kisah dalam Al Quran yang menarik bagi anak.

Kisah-kisah ini bisa diceritakan pada anak, misalnya menjelang tidur siang atau malam. Dari kisah-kisah ini, bisa ditarik pembelajaran yang didapat anak dan bagaimana menerapkannya dalam keseharian.

Sudah tahu contoh kisah dalam Al Quran untuk anak?

Jika belum, nantikan besok ya. Saya akan membahas satu cerita dalam Al Quran yang menarik untuk anak beserta moral dan pembelajaran yang didapat.

 

Jadi, siap untuk menjalani Ramadhan ceria bersama anak ya 😉😉

(Ayas Ayuningtias)

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply