KAMI PAHLAWAN DEVISA

“Para staff dan mengerjakan Cara memasak masakan Chinese food”

 

Di setiap wilayah dan suatu tempat selalu berbeda adat istiadat. Begitu pula tentang masakan dan tata cara memasak pun juga berbeda.

Di penampungan tempat kami belajar pun juga mereka para BMI dari beberapa daerah dan penjuru jadi makanan pun juga berbeda. Ada juga yang sama makanan tapi beda nama atau sebutannya. Begitu juga adat istiadat pun juga berbeda. Tata cara mereka berbicara misalkan, sebagian yang dari jawa tengah contoh mereka akan berbicara lebih ramah dan sopan serta lemah lembut. Nah untuk daerah Kendal, Cilacap, Banjarnegara mereka khas dengan bahasa jawa kasar ngapak. Tetapi kami tetap saling menghargai satu sama lain. Dan selalu membantu dalam kegiatan belajar dan kerja bakti selama di penampungan.

Untuk bahasa yang berbeda-beda, kami malah saling bertukar bahasa dan saling belajar belajar bahasa satu sama lain. Orang jawa bisa belajar bahasa sunda, Dan orang sunda bisa belajar bahasa jawa. Saling berbagi pengalaman bekerja satu sama lain waktu belajar.

Belajar memasak masakan Chinese food bisa dibilang mudah bisa dibilang sefang-sedang.” Kenapa begitu”? Karena perbedaan orang Indonesia dengan orang China itu sangat beda jauh sekali. Orang China lebih suka rasa gambar, tidak terlalu asin begitu pula sebaliknya tidak terlalu hambar. Jadi untuk bisa memasak masakan Chinese food harus benar – benar diperhatikan saat membumbui. 

Contoh Cara memasak steam atau ikan kukus adalah:

1). Belilah ikan yang masih segar dan fresh

2). Jangan lupa untuk membeli jahe dan daun bawang yang kecil jangan yang besar

3). Harus ada lada atau merica bubuk

Langkah-langkah memasak :

1). Bersihkan sisik ikan dan cuci hingga bersih serta sampai bagian dalam perutku ikan

2). Untuk ikan yang besar di potong atau di iris bagian perut dua irisan tipis dengan tujuan saat dikukus biar cepat matang. Untuk ikan yang kecil tidak usah diiris tipis

3). Potong jahe tipis dan kecil memanjang seperti tusuk gigi

4). Potong kecil-kecil juga daun bawangnya

5). Bumbui ikan dengan bubuk merica atau lada, lalu beri garam bagian ikan luar dan dalam

6). Siap untuk dikukus ikan nya, kukus 8-10 menit

7). Saat mengkukus ikan, kita juga harus menyiapkan minyak panas 2 sendok makan, untuk menyiram atas ikan jika ikan sudah matang

8). Sebelum menyiramkan minyak panas tersebut, taburkan irisan jahe dan daun bawang tersebut diatas ikan lalu beri 2 sendok makan kecap asin (soy sauce)

9). Yang terakhir jika minyak sudahmendidih, tusngkan minyak panas tadi kertas ikan

10). Ikan steam sudah untuk dihidangkan

 

Inilah Cara memasak ikan yang dikukus oleh orang China. Caranya seperti yang saya tulis diatas, step by step. Bagi yang mau memratekannya silahkan dicoba. Masih banyak lagi resep-resep masakan yang lain bisa dilanjutkan lain waktu.

Bersambung…

#sarapankatakmo06___8A

#1000penulismuda

#kmoindonesia

Rate this article!
KAMI PAHLAWAN DEVISA,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: