KAMI PAHLAWAN DEVISA

” Hari-hari sebelum penerbangan “

Satu minggu sebelum penerbangan para calon BMI mempersiapkan semua keperluan dan semua syarat yang harus dikerjakan sebelum penerbangan.

Salah satunya adalah mempersiapkan dan lebih fokus kepada bagaimana cara kita berbicara dengan bahasa kantonis yang sopan terhadap calon majikan. Dalam berbahasa yang benar, harus dengan cermat memperhatikan bagaimana secara logat kita berbicara. Terkadang kita bisa dan mengerti yang mereka ucapkan, namun susah untuk kita menjawab nya. Jadi oleh guru yang mengajar kita lebih dituntut untuk mengulang-ulang kembali pelajaran yang sudah diberikan selama di PT.

Saya sendiri pun juga begitu. Pernah juga sama guru yang mengajar, waktu dia makan siang saya dipanggil dan guru tersebut berbicara ke saya menggunakan bahasa cantonese. Saya juga faham, cuma belum bisa menjawabnya. Tapi saya langsung mengerjakannya.

Percakapan tersebut seperti :

Guru : lei ho em ho yi pong ngo ka fan? ( kamu bisa bantu saya untuk mengambil nasi putih ?)

Murid : ok ( iya)

Pernah juga didalam kelas saya disuruh maju dan diberi pertanyaan oleh guru dikelas.

Guru: kam yat lei cuk me Sam? ( hari ini kamu memakai baju warna apa?)

Murid: ngo kam yat cuk wong sik sam.( hari ini saya memakai baju warna kuning)

Guru : lei ho em hoisam kam yat? ( kamu hari ini senang tidak?)

Murid: ngo kam yat hou hoisam. ( saya hari ini senang sekali)

Dari teman-teman yang lain pun juga kita bergantian bergiliran maju kedepan. Ujian yang dilakukan oleh guru dikelas sangat membantu kami dalam pemahaman belajar pengucapan bahasa.

Dalam belajar bahasa asing yang diperlukan adalah fokus dalam belajar. Tidak hanya fokus dalam menulis saja. Tetapi juga dalam pengucapan bahasa.

Bersambung..

#sarapankatakmo20_8A

#1000penulismuda

#kmoindonesia

 

 

 

 

Rate this article!
KAMI PAHLAWAN DEVISA,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: