JANGAN SALAH PILIH TEMAN

“Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang zalim menggigit dua jarinya, (menyesali perbuatannya) seraya berkata, ‘Wahai! Sekiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama Rasul. Wahai celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku). Sungguh, dia telah menyesatkan aku dari peringatan (Al-Quran) ketika (Al-Quran) itu telah datang kepadaku. Dan setan memang pengkhianat manusia.”

(Q.S Al-Furqan : 27-29)

Di dunia ini, baik online ataupun offline, ada berapa teman yang kamu punya? Puluhan? Ratusan? Atau bahkan ribuan? Lalu sudahkah teman-temanmu itu menjadi teman yang baik? Jangan-jangan kamu salah pilih teman. Ya, sebagai makhluk sosial kita tentu tidak bisa jika hanya hidup sendiri dan hanya mengandalkan kemampuan diri saja. Kita membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekitar kita, termasuk juga teman. Lalu teman seperti apa yang harus kita pilih? Pilihlah teman yang sesuai pesan Rasul dan orang-orang shaleh berikut

  1. Pesan Rasulullah

Teman yang baik, juga akan baik di hadapan Rabb semesta alam.

Rasul berkata “Sahabat terbaik di mata Allah adalah yang paling baik kepada sahabatnya, begitu juga tetangga terbaik.” (Ahmad, Darimi, Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hubban)

  1. Pesan Hasan Al-Bashri

“Perbanyaklah sahabat-sahabat mu’minmu, karena mereka memiliki syafa’at pada hari kiamat.” Berteman itu memang tidak harus sama muslim juga, namun untuk menjadikannya teman dekat, maka pilihlah yang seiman.

  1. Pesan Al-Qamah kepada anaknya

Wahai anakku, sekiranya engkau merasa perlu untuk bersahabat dengan seseorang, maka pilihlah orang yang sifatnya seperti berikut:

  • Suka melindungi sahabatnya, dia adalah hiasan diri kita dan
  • jika kita dalam kekurangan nafkah, dia suka mencukupi keperluan.
  • Apabila engkau menghulurkan tangan untuk memberikan jasa baik atau bantuanmu, ia suka menerima dengan rasa terharu dan dianggap sangat berguna.
  • Jikalau ia melihat kebaikan yang ada pada dirimu, ia suka menyebutnya, dan jika ia mengetahui keburukan dirimu ia suka menutupinya.
  • Jika engkau meminta sesuatu, pasti ia beri,
  • jika engkau diam, dia mulai menyapamu dulu,
  • jika ada kesulitan dan kesedihan yang menimpa dirimu, dia suka membantu dan meringankanmu serta menghiburmu.
  • Jika engkau berkata, ia suka memperbaiki ucapanmu dan bukan hanya mempercayainya saja.
  • Jika engkau mengemukakan suatu persoalan yang berat dia suka mengusahakannya.
  • Jika engkau berselisih dengannya, dia suka mengalah untuk kepentinganmu.
  • Bersahabat dengan orang yang budi dan imannya lebih rendah sangat berbahaya, sebab persahabatan itu saling pengaruh-mempengaruhi.
  1. Pesan Luqman Al-Hakim

“Jika ingin mencari teman, ujilah dia dengan membuatnya marah. Jika dia tidak sabar dengan sikapmu itu, jauhilah ia.”

  1. Pesan Umar bin Khattab

“Tidak ada nikmat yang lebih besar dari seorang saudara yang shalih yang Allah berikan kepada seorang hamba setelah Agama Islam. Bila salah seorang kalian mendapat kasih sayang dari saudara/kawannya, peganglah erat-erat persahabatan tersebut.”

  1. Pesan Ali bin Abi Thalib

Ketika Ali bin Abi Thalib ditanya “Berapakah jumlah sahabatmu, wahai Ali?.” Beliau menjawab “Nanti akan aku hitung ketika aku dalam kesulitan.”

  1. Pesan Abu Hasan As-Sadzili

“Jika ada musuh yang bisa mendekatkan kamu kepada Allah, maka hal itu lebih baik daripada teman akrab yang menjauhkan kamu dari Allah.”

Ingatlah pesan di atas, dan temukanlah teman terbaik yang akan menyelamatkanmu. Jauhi teman-teman yang justru menyengsarakanmu di dunia, bahkan di akhirat. Wallahu’alam.

Rate this article!
JANGAN SALAH PILIH TEMAN,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply