Ide Kreatif

Pernah masuk ke dunia anak-anak? Berusaha menyelami lautan imajinasi mereka yang rasanya tak ada tepinya? Tak usah sungkan atau ragu untuk melakukannya. Caranya pun sangat mudah, cukup duduk di sekitar mereka dan mendengarkan apa yang sedang mereka diskusikan (bukannya bermaksud kepo), dunia anak itu seperti cerita dari negeri dengeng yang kerap penuh dengan kejutan dan seribu kebahagiaan. Taukah, bahwa rahasia awet muda itu adalah bersama mereka (he…tak ada obat paten yang bisa melakukannya).

Untuk semua orang tua di dunia, seringlah bersama anak-anak kalian. Karena masa anak-anak tak akan terulang untuk kedua kalinya, berikanlah hak mereka selama kita masih mampu melakukannya. Mereka titipan dari Allah SWT yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya.Mereka itu makhluk luar biasa yang unik dan penuh dengan ide luar biasa.

“Agenda kita semester ini adalah hari budaya, kita akan jalan-jalan ke kota serambi mekah”. Memberitahu plan kepada anak-anak itu tetkadang perlu buat jadi isu diantara mereka, menggunakan kata-kata yang tak biasa mereka dengar selain memancing rasa ingin tahu mereka juga membiasakan mereka dengan kata-kata baru (bagi mereka). Salah satu dari mereka langsung merespon “Kita mau ke Mekah Bu?Kapan?” Yang lain kompak melihat ke arahnya.

Agenda ini mengenalkan pada anak bahwa mereka tinggal dan besar di sebuah negara dengan beragam suku bangsa dan adat istiadat yang berbeda. Ketika kujelaskan bahwa kota Serambi Mekah adalah Aceh, semuanya kompak membulatkan vokalnya. Di hari budaya ini anak-anak akan diajak untuk mempelajari budaya dan adat daerah itu, mungkin kali ini belum bisa langsung belajar ke tempatnya tapi kita punya narasumber asli orang Aceh, salah saty orang tua murid. Salah satu isi acara nya adalah pentas drama, setelah naskah drama selesai kita adakan casting buat para tokohnya.

Semua antusias dengan peran masinh-masing, ketika latihan salah seorang diantara mereka berhenti dan langsung memanggilku “Bu, kita pake betul aja perangnya dengan senjata juga jadikan seru” Aku menggelengkan kepala “nggak pake senjata tapi” Mereka nyengir “Bukan senjata beneran Bu, kami buat sendiri dari kertas”. Oh ternyata aku salah paham, mereka mau membuat senjata origami.

Drama Cut Nyak Dien di imprivisasi oleh mereka, mulailah mereka memberi ide tambahan dalam alur cerita, tadinya adegan perang tak dimasukkan tetapi mereka bilang kurang seru akhirnya adegan perang ada. Mereka sangat menghayati setiap peran, aku sendiri hanya senyum-senyum saja. Anak-anak itu penuh dengan ide dan bagaimana ide tetsebut dapat tetsalurkan dengan baik. Bermain drama itu salah satu sarana menyalurkan ide mereka dan membuat mereka lebih kreatif. Cukup kita fasilitasi agar ide mereka yang banyak mempunyai ruang untuk dikembangkan.

Rate this article!
Ide Kreatif,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: