Ibu, Pendidik Terbaik (1)

Berbahagialah jika anda menjadi seorang ibu. Makhluk bernama ibu ini merupakan manusia yang paling istimewa yang ada dimuka bumi. Seandainya ada manusia yang boleh disembah, maka manusia itu adalah seorang ibu. Bahkan Allah sangat memuliakan seorang ibu dengan kedudukan yang hampir sejajar dengan-Nya. Hampir sejajar kedudukannya, karena Allah menjamin bahwa keridhoan seorang ibu, merupakan keridhoan Allah juga. Artinya, segala yang diridhoi oleh ibu kita, juga akan dikabulkan oleh Allah. Maka kita sebagai seorang anak sangat dianjurkan untuk selalu meminta doa restu kepada ibu, untuk segala urusan apapun. Karena doa ibu secara langsung akan dikabulkan oleh Allah.

Kedudukan seorang ibu, juga ditinggikan diatas makhluk lainnya. Hal ini bisa kita lihat dari anjuran Rosulullah agar seorang anak berbakti kepada ibunya sebanyak 3x, jika dibandingkan berbakti kepada ayah kita. Nah, jika anda sekarang ini merupakan seorang ibu maka anda merupakan manusia terhormat yang kedudukannya hampir sejajar dengan Allah yang Maha Kuasa. Berikut ini beberapa alasan mengapa seorang ibu sangat istimewa, antara lain:

  1. Ibu Merupakan Pengemban Amanah Terberat

Seorang ibu, akan mengandung buah hati (anak) mereka selama 9 bulan. Rentang waktu yang sangat lama untuk diamanahkan kepada seseorang. Calon ibu, dengan kekuatan fisik dibawah laki-laki harus mengandung bayi mereka selama itu. Kita bisa membayangkan bagaimana payahnya seseorang yang sedang mengandung. Seorang yang mengandung akan mengorbankan segala kesenangannya untuk mengemban amanah seorang bayi yang ada dalam rahimnya.

Amanah berupa bayi dalam rahim akan lebih berat lagi jika memasuki masa kelahiran, bahkan seorang ibu akan bertaruh nyawa untuk melahirkan anak-anak mereka. Sesuatu yang sulit dibayangkan, walaupun demikian, seorang wanita sangat senang dengan amanah ini. Mereka akan merasa menjadi wanita sempurna setelah amanah ini bisa mereka dapatkan. Mereka akan menjadi manusia paling bahagia apabila hadirdalam keluarga mereka, makhluk kecil yang kelak akan bangga memanggil nama mereka dengn awalan kata Ibu.

Tidak cukup sampai disitu, amanah akan berlanjut untuk merawat dan mendidik anak-anak mereka. Mereka harus bersusah payah memberikan asupan ASI kepada anak selama minimal dua tahun lamanya, mereka akan terbiasa bangun malam saat tubuhnya penat, mereka akan kesana-kemari dan kebingungan saat tubuh anak mereka demam, dan mereka akan mengorbannkan segala kesenangannya untuk merawat dan meniika anak mereka. Tugas yang tidak bisa didefinisikan kemuliaannya, mereka akan mengorbankan segala cara agar anak-anak mereka bisa menjadi anak yang hidup sesuai dengan jalan hidup yang digariskan Allah.

Tugas yang mereka emban, tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun, atau tidak bisa dibayar dengan uang berapapun jumlahnya. Tugas ini hanya bisa didefinisikan oleh Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

…………..(bersambung)

Rate this article!
Ibu, Pendidik Terbaik (1),5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: