Hebatnya Anak Rantau

Teringat sebuah kisah tentang anak muda yang memiliki impian mengelilingi samudera dengan mengenakan seragam berpangkat, rapi, bersih, lagi tersemat nama panjang pada baju bagian dada sebelah kirinya.

Anak itu sangat pemalu. Kehidupannya sederhana. Dalam bidang akademik ia juga biasa-biasa saja. Keluargapun sudah tak lagi lengkap seperti teman-teman yang lainnya. Ayah dan ibunya telah tiada. Ia hidup sebatang kara. Hanya bermodal tekad dan kemauan yang begitu kuat di dalam dirinya.

Setiap pagi dan petang ia akan menyusuri bidang sawah-sawah kecil yang tidak jauh dari tempat ia tinggal. Setapak demi setapak ia terus berjalan. Tak menghiraukan meski sengatan bola dunia telah membuat layu dedaunan yang tadinya begitu rimbun.

Ketika penat dan letih telah melampaui kemampuannya, ia akan menepi. Rehat sejenak. Mengeluarkan botol minuman berukuran sedang, berisi sekitar 880 ml dan ia meneguknya dengam pelan. Kemudian kembali melanjutkan perjalanan.

Begitu jauhnya jalan yang harus ia tempuh. Enam jam lamanya berjalan kaki. Tiga jam pergi dan tiga jam untuk kembali. Tak sedikitpun ia mengeluh. Bahkan setiap hari selalu terlihat senyum tulus di raut wajah kecilnya. Meski ia harus melewati dan melalui kehidupan susahnya seorang diri. Semua adalah karena tekadnya akan mimpi. Meraih impian yang ia cita-citakan.

Ketika ia lulus ujian dan mendapat gelar dari hasil jerih payahnya selama ini. Ia memutuskan untuk merantau. Berharap menemukan jalan lain menuju kehidupan yang lebih baik. Sebenarnya masih dengan memendam impian mengarungi samudera.

Sesampainya di negeri perantauan. Sungguh ia tak menduga, dirinya mampu menginjakkan kaki di hamparan tanah luar dari sumatera. Meski belum dengan seragam berpangkat seperti impiannya. Ia terus bersyukur bahwa telah berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya.

Gumam hatinya, mimpi mengarungi samudera mulai terlaksana. Inilah jawaban sederhana untuk menjelajahi samudera. Dengan cara merantau. Dan hatinya terus percaya bahwa cepat atau lambat, impiannya akan tercapai. Mengarungi samudera dunia.

Hebatnya Anak Rantau, perlahan tapi terus memberi jawaban akan mimpinya…
^^

To be continue….

#Sarapankata03
#1000penulismuda
#KMOIndonesia

Rate this article!
Hebatnya Anak Rantau,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply