HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN

HARGA  SEBUAH KEPERCAYAAN

BISMILLAH….

Kepercayaan berasal dari kata percaya,artinya mengakui, atau menyakini suatu kebenaran.Atau kita memberikan pengakuan pada seseorang yang kita yakini dia adalah suatu kebenaran. Kepercayaan adalah ibarat selembar kertas putih, bila kau mengotorinya dengan kebohongan,akan ditutupi dengan kebohongan yang lain. Ibarat kertas putih kita mengotorinya akan membuatnya kotor dan kusut,akankah kertas putih yang sudah kusut itu kembali semula. “Pasti tidak khan..? Meskipun kembali dia tidak akan seperti semula lagi.Memang membangun sebuah kepercayaan itu sulit tapi menjaga kepercayaan akan lebih sulit itulah seringkali kita merusaknya. Kepercayaan adalah seperti kita membawa beban berat dan mempunyai sebuah nilai yang harus kita jaga, karena itu merupakan amanah dari seseorang kepada kita. Tetapi kebanyakan kita diberikan kepercayaan itu masih menyia-nyiakannya, membangun kepercayaan butuh kesabaran dan ketekunan. Ibarat pepohonan yang kecil kita rawat menjadi tumbuh besar dan berkembang. Begitupun dengan kepercayaan kita rawat sedemikian rupa sehingga akan menjadi sebuah bangunan yang kokoh sebagai pondasi dari kepercayaan itu menjadi kuat.

Kepercayaan itu bisa kita dapat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kita memberikan kepercayaan pada suami dan anak-anak kita. Ketika kita memberikan kepercayaan itu pada orang lain sama saja memberikan kepercayaan diri kita pada orang tersebut. Apalagi kalau orang tersebut sangat spesial dalam hidup kita pasti kita akan memberikan kepercayaan yang lebih, dibandingkan kepercayaan yang kita berikan pada orang lain. Tetapi yang sangat tidak kita sadari ketika kita memberikan kepercayaan yang spesial pada orang lain kita memberikan titik pengharapan kita pada orang tersebut. Sehingga membuat kesedihan yang luar biasa ketika kepercayaan itu dilanggar, “Kenapa? Karena pengharapan kita pada orang tersebut terlalu besar. Dan kalau orang lain terlalu sering membuang kepercayaan yang diberikan,lambat laun kepercayaan itu terkikis. Dan butuh proses lagi untuk kita memberikan kepercayaan itu.

Ada banyak kasus yang berhubungan dengan rasa kepercayaan itu hilang misalnya kepercayaan istri kesuami melakukan seligkuh dirasakan setia, janji begini begitu tapi tidak sesuai apa yang dikatakannya dan kepercayaan seorang ibu pada anak-anaknya yang sering kali diperintah tapi masih saja melanggar. Itulah sebenarnya betapa besar makna sebuah kepercayaan itu,tapi masih saja diabaikan.Hal yang harus disadari ketika kita memberikan kepercayaan pada orang lain harus kita seleksi dulu akankah dia pantas kita  percaya,atau walau kita percaya jangan berlebihan dan kurangilah titik harapan disitu. Biar kita tidak kecewa. Dan selebihnya kita sendiri yang juga terkadang sebagai pemegang kepercayaan harus lebih menjaga dan bersifat Amanah, apabila kita diberikan kepercayaan dari orang lain siapapun itu. Jangan menuntut orang lain menjaga kepercayaan  kita tapi diri sendirilah dulu yang harus memberi contoh bahwa kita patut dipercaya. Karena versi saya orang yang bisa menjaga kepercayaan itu adalah mempunyai kualitas pribadi yang mahal dan luar biasa. Jadi untuk benteng kita sendiri janganlah terlalu berlebihan memberikan kepercayaan pada orang lain sampai timbul pengharapan lebih pada dirinya. Jadi yang wajar-wajar saja,sekedar respon positif saja yang kita berikan. Sehingga kita tidak akan mudah kecewa, kepercayaan dirilah untuk selalu positif menghadapi kehidupan ini terus menjadi lebih baik lagi. Karena mungkin ini adalah cara Alloh mengajari kita untuk selalu waspada,sadar,dan mengajari kita cara memaafkan pada sesorang yang mengkhianati kita. Dan proses pendewasaan diri menjadi lebih baik lagi amiin.

WRITTER

TERATAI

Rate this article!
HARGA SEBUAH KEPERCAYAAN,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: