hal kecil untuk BESAR, respect!

Orang seringkali meremehkan sesuatu yang kecil atau sederhana, padahal sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecilatau sederhana. Kita bisa berlari berawal dari langkah-langkah kecil. Betapa bahagianya seorang ibu melihat anaknya yang bisa melangkah, meskipunsering terjatuh, meski melangkah dimata orang dewasa terlihat kecil, namun buat seorang anak itu bukanlah hal yang kecil. Sesuatu yang kecil bagi kita belum tentu kecil bagi orang lain karena betapa besarnya pengorbanan yang diperlukan untuk mendapatkan atau menghasilkannya. Jangan meremehkan sesuatu yang kelihatan kecil atau sederhana. Tentunya anda menyadari dan memahami, kesuksesan berawal dari ide-ide kecil atau langkah-langkah kecil di masa lalu bahkan ide-ide itu muncul ketika kita melakukan hal-hal yang tidak besar.

Apapun yang kita alami pastilah memiliki hikmah, untuk belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya dan menghargai pengalaman. mmm..jadi teringat penggalan lagu salah satu band di negeri tercinta ini yang nyanyi rame-rame..

….Hidup yang ku jalani, masalah yang ku hadapi
Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya
Ku kan terus berjuang, ku kan terus bermimpi
Tuk hidup yang lebih baik, tuk hidup yang lebih indah

Harus yakin Pasti bisa….

Usaha sekecil apapun yang dikerjakan oleh orang lain, baik itu untuk kita bahkan untuk kepentingan banyak orang, sebenarnya patut untuk dihargai, meski hanya dengan ucapan terima kasih. Benda mati disayang-sayang, sampe kapanpun tidak akan pernah merasakan.

Kita MANUSIA, Semakin kita merasa dihargai orang lain, semakin respect pula kita atas pekerjaan kita, semakin kita termotivasi, apalagi ketika pekerjaan itu dilakukan untuk kepentingan bersama.

“Terima kasih”, ucapan sederhana penuh makna. Kita merasa dihargai. Kita merasa dibutuhkan. Kita pun tidak merasa hanya menjadi “tools” semata.
Meminta penghargaan atas hasil kerja kita, bukanlah berarti meminta imbalan. Bentuk penghargaan itu beragam. Tidak melulu dalam bentuk uang atau barang.

Semakin kita menuntut orang lain atas goal tertentu, maka semakin besar pula seharusnya kita memberikannya penghargaan atas pencapaiannya. Tidak heran ketika pimpinan sebuah perusahaan selalu saja menghadiahkan bonus bagi para stafnya yang berhasil mencapai target tertentu. Karena mereka sadar, karyawannya adalah manusia, yang tentu saja butuh penghargaan, baik dari segi materi maupun non-materi. Bahkan, dari sisi non-materi, perusahaan-perusahaan tertentu selalu menghadiahkan kelas-kelas motivasi bagi sejumlah karyawannya. Excellence.

Tentu saja sedikit penghargaan (banyak juga boleh) sangat penting untuk menunjang pekerjaan kita maupun orang lain. Oleh karena itu, jika kita tidak bisa menghadiahkan penghargaan dalam bentuk materi, tersenyum sembari mengucapkan “Terima kasih.” tidak ada salahnya tho?

🙂 Semoga bermanfaat.

#BerpikirPositif

artikel ini juga dimuat di [sini]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply