Gurihnya Usaha Kuliner

Gurihnya Usaha Kuliner

Mengapa ingin menjadi pengusaha?

Menjadi pengusaha adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diimpikan oleh banyak orang.
MENGAPA???

Karena dengan menjadi seorang pengusaha yang terbayang adalah pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa diperintah orang lain, waktu dan tempat yang lebih fleksibel, pemasukan yang lebih besar dan yang pasti kita dapat bebas mengekspresikan diri dalam usaha yang akan dijalani.

Ya memang semua itu terlihat lebih mudah dalam pandangan seseorang yang belum pernah terjun dalam bidang usaha. Memang dalam perjalanan usaha, semua tidak seindah yang dibayangkan, namun juga tidak seburuk yang disangkakan. Sama seperti semua jenis pekerjaan, menjadi pengusaha tetap memliki berbagai resiko dan keuntungannya.

Masih banyak yang orang yang berpikir bahwa, hanya dengan menjadi pekerja pada suatu instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta, maka mereka tidak perlu memikirkan resiko atas penghasilan mereka. Padahal resiko itu selalu ada, seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) mendadak karena perusahaan menjadi bangkrut, PHK karena masalah internal antara pekerja dengan pimpinan, PHK karena prestasi kerja yang menurun dan lain sebagainya.

Zona nyaman adalah pilihan bagi mereka yang memutuskan menjadi pekerja. Mereka tidak perlu memikirkan berbagai persoalan yang lebih besar dan kompleks, mereka hanya perlu bekerja sesuai dengan peraturan yang ada, dengan penghasilan yang tetap setiap bulannya dan resiko pekerjaan yang lebih kecil ketimbang menjadi pengusaha.

Yups, hidup memang sebuah pilihan yang selalu penuh resiko. Baik ketika seseorang itu menjadi pekerja pada sebuah perusahaan atau pun ketika seseorang memilih menjadi pengusaha.

Ketika seseorang telah memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha maka ia telah memutuskan bahwa semua sangat tergantung pada kepandaian dirinya dalam menjalankan usaha, tidak ada lagi aturan yang memaksa, bahkan dirinya lah yang membuat peraturan bagi diri sendiri maupun orang lain sebagai pekerja dan juga mitra kerja.

Tantangan dalam usaha adalah salah satu alasan mengapa orang lebih memilih menjadi pengusaha ketimbang menjadi pekerja. Bagi mereka yang menyukai tantangan hidup yang lebih besar maka usaha adalah salah satu pilihannya. Menjadi pengusaha untuk kebebasan jiwa.

Tantangan untuk hidup yang lebih baik dari segi finansial, ingin lebih bermanfaat bagi orang banyak, memiliki waktu luang yang lebih banyak dengan keluarga, bisa mewujudkan ide-ide yang kreatif, kebebasan berekspresi tanpa diatur orang lain, membuka lapangan pekerjaan dan motivasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu adalah menjadi dasar yang melatarbelakangi keputusan seseorang untuk menjadi pengusaha.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar juga sumber daya alam yang melimpah dan posisi yang strategis dalam peta bisnis dunia. Seharusnya menjadikan tantangan tersendiri untuk menjadikan usaha sebagai salah satu pekerjaan.

Sayangnya hal ini kurang didukung dengan jiwa usaha penduduknya. Mereka terbiasa menjadi pekerja dan enggan untuk keluar dari zona nyaman atau bahkan menjadikan pekerjaan sebagai satu-satunya sumber penghasilan.

Padahal peluang usaha masih sangat terbuka lebar, yang juga berarti akan membuka peluang pekerjaan bagi orang lain yang lebih banyak. Saat kita membuka suatu usaha, berarti kita juga membuka pintu rejeki bagi orang lain melalui usaha kita. Maksudnya disini, kita bukan sebagai penentu rejeki seseorang, tapi sebagai jalan pembuka rejeki bagi seseorang dan keluarganya.

Betapa indahnya jika hal ini banyak disadari oleh mereka yang mau menjadikan usaha sebagai jalan hidupnya?

Rate this article!
Gurihnya Usaha Kuliner,5 / 5 ( 1votes )
Tags: