GANGGUAN LETUPAN EMOSI

GANGGUAN LETUPAN EMOSI
BISMILLAH…
Kalau kita bicara masalah yang satu ini agak sensitif ya, karena itulah yang terjadi padi diri kita sehari-hari. Emosi manusia bak seperti sebuah yoyo kadang diatas dan kadang dibawah, terkadang ada rasa senang dan bahagia,belum ada hitungan jam atau detikpun bisa berubah menjadi sedih dan menangis. “Kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena kita belum tahu cara pengendaliaannya karena masih terbawa oleh suasana yang dihadapi, orang seperti ini belum bisa menemukan kebahagiaan didalam dirinya sendiri. Apa yang dihadapi didepannya kalau tidak sesuai keinginannya, akan mudah sekali marah. Semua kondisi harusnya sesuai dengan keinginannya,tidaklah bisa begitu. Kita takkan bisa mengubah obyek didepan kita, mengubah alam seperti apa yang kita mau, dan orang menuruti apa yang kita mau. Tapi dengan mengubah cara pandang terhadap obyeklah kita bisa menemukan cara menyesuaikan diri dengan situasi tersebut. Orang yang gampang marah disebut juga orang dengan gangguan emosi,orang-orang seperti ini mempunyai penyakit dalam prilakunya. Dia merasa terganggu dengan perilakunya sendiri dan perilaku orang lain.
Faktor yang mempengaruhi orang dengan gangguan emosi adalah setiap harinya dia merasa sudah merasa tidak ada kebahagiaan yang ada dalam hidupnya. Sehingga apa yang membuatnya tidak cocok langsung aja marah atau dengan rasa emosi yang lain. Terkadang reaksinya bisa pengaruh kedirinya sendiri utamanya dan orang disekitarnya. Orang seperti ini tidak sanggup menghadapi tuntutan hidup, merasa takut yang belum terjadi,dan menjadi orang selalu was-was dan penuh pertimbangan. Biasanya orang seperti ini adalah type orang yang tidak percaya pada diri sendiri, suka mengeluh, suka bertanya dan tidak sabaran. Mereka seperti ini dinyatakan dengan orang sakit secara emosional, karena tidak bisa mengendalikan rasa emosinya sendiri yang tiap waktu berubah-ubah. Kehidupan orang seperti ini senang menyendiri ketimbang berkumpul dengan yang lain, dia bisa berkumpul dengan orang-orang yang sepaham dengan dirinya. Ada situasi penarikan diri membuat orang type ini lebih nyaman dan menemukan ketenangan.
Ketika kemarahan memuncak bisa diluar kendali, terkadang sampai membanting pintu.Begitulah ketika rasa ketidakbahagiaan timbul dalam diri kita dan tidak cepat menetralkannya, energi yang kita miliki bawaannya negatif saja. Sehingga untuk menjalani hari selanjutnya masih saja dalam kondisi yang sama,ada banyak hal yang mesti diperjuangkan dalam hidup ini. Diantaranya harus berjuang mengatasi masalah demi masalah yang kita alami,namun nyatanya ada juga masalah yang belum kita bisa hadapi atau selesaikan.Memang tidak mudah mengatasi gangguan emosi selangkah demi selangkah, untuk keluar dari sini perlu niat yabg kuat dalam diri untuk berubah. Dan keluar dari ketidakbahagiaan yang dirasakan sehari-hari,bahagia tidak turun dari langit. Tapi bahagia adalah hak kita yang harus kita raih,karena yang membuat bahagia adalah diri seniri bukan orang lain. Dengan selalu bersyukur pada Alloh dan berserah diri membantu kita untuk merasakan kedamaian yang ada dalam diri.
WRITTER
TERATAI

Rate this article!
GANGGUAN LETUPAN EMOSI,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: