FILM INDIA

FILM INDIA

Apakah yang terpikir di kepala Anda ketika disebut tentang film India?

“Coba kamu pegang ranting pohon itu. Nah…ya…persis kayak di film India. He…he…” Tinuk mengomentari sohibnya, Lilis, yang sedang menata gaya di depan kamera.

“Ha ha ha… ” Lilis yang sudah kehabisan pose tertawa ngakak dan justru menjadi rileks, sehingga foto dirinya menjadi lebih natural, pada acara foto pre wedding itu. “Kalau perlu sambil nyanyi beputar-putar ya”.

Itu adalah salah satu ciri film India yang lekat di mata penonton Indonesia umumnya. Namun, bagi masyarakat dunia umumnya, film India mempunyai tempat tertentu.

Adalah Bollywood, nama yang diberikan kepada industri film India. Nama ini untuk mencitrakan bahwa perfilman India yang berpusat di Mumbai atau disebut juga Bombai, sama gemerlapnya dengan industri film Amerika yang berada di Hollywood. Bahkan Bollywood saat ini jauh lebih besar daripada Hollywood.

Terkenalnya Bollywood sehingga disejajarkan dengan Hollywood, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antara faktor tersebut, yang menarik adalah bahwa pemerintah India terlibat di dalamnya tidak hanya sebatas regulator. Namun juga sebagai pelaku industri. Pemerintah India juga mempunyai rumah produksi.

Faktor berikutnya adalah bahwa dalam film film India, bahasa Inggris banyak dipakai sebagai bahasa pengantar, di samping bahasa Hindi. Hal ini menjadikan film India mudah dinikmati oleh masyarakat barat.

Selain kedua hal tersebut di atas, promosi film India di luar negeri tidak terlepas dari peran pemerintah India. Pemerintah India sangat mendorong keikutsertaan film India di festival film internasional. Hasilnya, sebuah film yang terkenal, bisa merambah pasar yang luas dalam waktu yang serentak. Pengenalan produk menjadi sangat efektif.

Hal menarik dari keikutsertaan India pada festival film internasional adalah tampilnya wajah cantik dan ganteng artis India bersama bintang Hollywood di karpet merah. Di antaranya adalah Amitabh Bachchan, Syah Rukh Khan dan Aishwarya Ray dan Prinyanka Chopra.

Di samping promosi ke luar dalam bentuk keikutsertaan di festivall internasional, pemerintah India juga menyelenggarakan festival film internasional di India, salah satunya diaelenggarakan di Goa. Lainnya adalah adanya Festival Film Brics.

Demikianlah perjalanan kisah sukses industri film India, sedemikian rupa sehingga film India tak asing di masyarakat Indonesia dan dunia.

Klaten, 18 09 2016
Lisa Tinaria

Rate this article!
FILM INDIA,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply