Etika yang Wajib Diterapkan Agar Bisnis Lancar

Menjalankan sebuah bisnis bukan suatu hal yang mudah. Seorang pebisnis perlu menjalankan usahanya dengan memperhatikan etika bisnis. Ini penting untuk kemajuan bisnis. Sebab dengan menerapkan etika dalam berbisnis kita mampu memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Jika konsumen terpuaskan, ia kemudian akan merekomendasikan bisnis kita kepada teman-temannya, tentu ini akan membuat bisnis kita semakin dikenal bukan?

Berikut etika yang wajib diterapkan agar bisnis makin lancar:

  1. Bersikap jujur. Selain untuk memperoleh laba, labuhkan tujuan berbisnis kita pada keberkahan. Rasulullah memberi teladan kepada kita agar menjadi pengusaha yang jujur. Siapapun menyukai pebisnis yang menawarkan kejujuran dalam segala aspek bisnisnya.
  2. Bersikap aktif untuk membuka pembicaraan. Memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian menyapa konsumen dengan sapaan yang sopan diikuti dengan namanya. Ini salah satu jurus jitu menarik hati calon konsumen. Sebab konsumen akan merasa dihargai dan dihormati, dan tidak menutup kemungkinan untuk jadi konsumen loyal kita.
  3. Menggunakan bahasa yang efisien dan tepat sasaran terhadap pertanyaan konsumen. Layani pertanyaan konsumen dengan penuh keramahan dan hindari bahasa yang membuat konsumen bingung.
  4. Berlapang dada dalam menerima komplain. Bersyukurlah jika menerima komplain dari konsumen. Sebab ini menandakan bisnis yang kita jalani mendapat dukungan untuk terus menjadi lebih baik.
  5. Bersikap ramah. Jadilah teman bicara yang baik bagi konsumen. Konsumen yang datang umumnya mencari solusi atas sebuah situasi. Misalkan ia mencari sebuah alat yang bisa digunakan untuk menancapkan paku ke tembok. Tawarkan padanya alat yang bisa menjadi solusi yaitu palu dengan keramahan.

Bisnis sejatinya adalah solusi. Bangunlah sebuah bisnis dengan niat yang baik, dan jalankan pula dengan etika yang baik.
Salam,
Riovani Dian
KMO 7

Tags:
author

Author: