Etika Terhadap Diri Sendiri

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah Swt. yang paling sempurna di antara makhluk lainnya. Karena manusia mempunyai raga, ruh dan akal budi. Berbeda dengan makhluk lain yang unsurnya tak selengkap manusia.
Namun meskipun demikian sebagai insan yang memiliki pikiran, perasaan/hati, dan hawa nafsu, manusia tetaplah mempunyai beberapa kekurangan di balik semua kelebihannya itu. Manusia bisa menjadi insan yang lalai dalam beribadah, gagal dalam pekerjaannya, melakukan tindakan asusila, tidak bisa merawat diri, atau sering terganggu kesehatannya.
Karenanya, setiap manusia hendaknya selalu meluangkan waktu untuk mengevaluasi diri, introspeksi, agar segera tersadarkan bila melakukan kesalahan, lalu melakukan perbaikan diri. Dan dengan kebaikan yang telah dimilikinya, selalu berusaha untuk dapat terus meningkatkannya.
Ada beberapa macam etika terhadap diri sendiri yang bisa kita aplikasikan dalam proses evaluasi, perbaikan dan peningkatan diri yang akan membuat “belief, brain, behaviour, beauty, body” kita menjadi lebih baik sebagai berikut:
1. Dengan meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt.. Yang terutama, tentu saja dengan meningkatkan pemahaman kita akan Rukun Iman dan Rukun Islam, lalu mengamalkanya dalam kehidupan kita.
Adapun untuk menambah wawasan keagamaan, bisa dengan cara mengikuti pengajian on line/off line, membaca Al Qur’an, Al Hadits, buku atau artikel keagamaan.
Semua itu bila kita lakukan insya Allah akan menambah keimanan kita kepada Allah Swt. sehingga dapat membentengi diri kita dari godaan syetan dan pengaruh buruk duniawi.
2. Dengan mengasah kecerdasan dan potensi diri sesuai minat dan bakat.
Tujuannya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja dan untuk merintis kesuksesan dalam dunia usaha.
Bisa dengan cara mengikuti pendidikan formal maupun informal. Baik itu berupa sekolah, pembinaan, kursus, pelatihan, workshop, seminar dan lain-lain.
3. Dengan mengatur kebiasaan hidup dan mengaplikasikan etika dalam kehidupan sehari-hari
Kebiasaan hidup sehari-hari seseorang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakternya. Sehingga kebiasaan yang baik perlu dibina sejak kecil, dari mulai bangun tidur hingga kembali beristirahat.
Kebiasaan baik yang diiringi dengan penerapan etikanya akan membentuk karakter yang baik seperti disiplin, rapi, bersih, sopan, tanggung jawab, rajin, jujur, dan suka menolong.
4. Dengan menjaga penampilan sehari-hari.
Meskipun penampilan tidak menjamin kualitas seseorang, namun penampilan tetap dibutuhkan karena menjadi kesan pertama dari seseorang.
Maka setiap orang perlu menjaga penampilannya dengan cara menjaga kebersihan badan, kesesuaian dan kerapian pakaian, sepatu, rambut (bagi pria) dan kerudung (bagi wanita) dan tidak mengenakan perhiasan/make up yang berlebihan.
Sesekali boleh juga untuk meluangkan waktu merawat diri di spa sebagai relaksasi.. 🙂 Tapi pilih yang aman dan terjaga privasinya ya..
Dengan penampilan yang baik seperti itu, siapapun tentu akan dapat menerimanya dengan baik. Apalagi kalau diimbangi dengan pribadi yang baik.
5. Dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Masalah kesehatan kadang sering dilalaikan oleh kebanyakan orang. Mungkin karena masih kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk menjaga kesehatan. Faktor kesibukan juga terkadang membuat pola makan dan tidur seseorang menjadi tidak teratur.
Nah, dalam hal ini diperlukan adanya informasi kesehatan ke seluruh lapisan masyarakat. Agar masyarakat lebih paham bahwa merokok, makanan/minuman panas yang dibungkus dengan styrofoam/plastik, polusi udara dari asap kendaraan bermotor, tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan/cebok, minyak jelantah, bahan pewarna, pengawet dan perasa..adalah hal-hal yang membahayakan tubuh dan dapat mengganggu kesehatan.
Untuk yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sampai pola makan dan pola tidurnya terganggu, sebaiknya mulai dicoba untuk memanage waktunya. Karena bila sering terlambat makan atau kurang tidur, tentu saja mesin tubuhnya menjadi terganggu dan mengakibatkan timbulny masalah kesehatan.
Untuk lebih menunjang kebugaran tubuh, biasakan juga untuk berolahraga secara teratur. Bisa berenang, yoga, senam aerobik, bulu tangkis, jogging dan.bersepeda.
Kesemua etika terhadap diri sendiri yang sudah saya uraikan di atas tadi, bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan membentuk sosok manusia shaleh/shalehah yang cerdas, trampil, berkepribadian mulia, berpenampilan menarik dan sehat.
Hmmm… Sosok idaman banget ya.. 😉 Semoga kita mampu membentuk diri kita menjadi sosok manusia yang seperti itu.. Aamiin…

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply