Episode15. Nama Panggilan

Untuk menunjukkan rasa sayang atau rasa hormat kita pada seseorang, kita kadang punya panggilan khusus di luar nama sebenarnya. Begitu juga sebaliknya kadang orang memanggi kita dengan panggilan khusus, entah untuk menunjukkan rasa sayang, rasa hormat, rasa suka dan untuk kepentingan lainnya.
Umumnya karena segan kita memanggil kepada yang lebih tua dengan panggilan bapak/ibu, kakak/ayuk, mas/mbak dan lain-lain. Kepada yang lebih muda kita memanggilnya dengan panggilan adik. Dan ini disesuaikan dengan bahasa dan tradisi masing-masing daerah.
Saat kita kecil untuk menunjukkan rasa sayang orang tua kepada kita, mereka memanggil dengan panggilan sayang seperti nak, neng, nduk, gadis dan sebagainya. Atau juga membiasakan anak-anak kita untuk saling menghormati dengan memanggil kakak/adik.
Ketika masih kecil kami mengajarkan kepada anak-anak dengan memanggil “Mas” untuk puteraku dan memanggil “Adik” untuk puteriku hingga sekarang. Jadi aku merasa kaku jika memanggil mereka dengan menyebut nama. Begitupun putera puteriku hingga sekarang tetap memanggil mas dan adik
Entah bagaimana asalnya, tiba-tiba putera memanggil adiknya dengan sebutan “ceme” (hanya puteraku dan satu orang adik sepupu) yang memanggil dengan nama ini hingga sekarang. Sedangkan keluarga yang lain ada yang memanggil dengan sebutan “Rara”, ini mengambil sedikit namanya dan digandakan.
Nama puteriku “Azzahra Hiththah Bama Bihurinin”, panjang betul namanya…itu yang selalu dilontarkan orang-orang perihal nama puteriku. Dulu orang berpikiran kalau kita salah memberi nama (istilahnya:keberatan), maka putera-puteri kita akan mengalami sakit dan hidupnya kurang beruntung (semua ini hanyalah tahayul). Tapi ini pernah terjadi pada seorang adik laki-lakiku, karena sakit-sakitan terus akhirnya namanya diganti dan mungkin karena kebetulan adikkupun sembuh dari sakitnya.
Saat memasuki masa sekolah puteriku memiliki banyak sekali nama panggilan yang diberikan teman-temannya. Di setiap lingkungan baru pasti puteriku mendapat nama panggilan yang berbeda.
15.1. Masa Sekolah TK dan SD
Ketika memasuki sekolah Taman Kanak-Kanak, teman-temannya memanggil dengan panggilan “ Sarah”. Saat masuk Sekolah dasar puteriku bersekolah di dua sekolah, kelas 1 sampai kelas 4 (semester pertama) puteriku sekolah di sebuah Yayasan tempat kami bekerja. Di sekolah ini teman-teman memanggil dengan pangglan “Zahra”. Kelas 4 sampai kelas 6 dia saya pindahkan ke kota dan bersekolah di sebuah SD Negeri. Di sini tetap dipanggil “Zahra”, namun ada sebagian teman-temannya memanggil dengan nama panggilan “Habibi” (ini asal dari singkatan namanya HBB).
15.2. Masa SMP
Lain halnya saat dia melanjutkan ke sekolah Menengah Pertama, disini teman-temannya memanggil dengan nama panggilan “Azza”. Dan saat dia mengikuti kegiatan ektra kurikuler di bidang PASKIB di sekolahnya, puteri ku ditunjuk sebagai “Rentenir”. Aku sangat terkejut saat puteriku menceritakan tentang hal itu.
“apa itu dik rentenir.”tanyaku
“Itu ma, semacam bendahara.”jawab puteriku
Jadi puteriku bertugas mengelola keuangan bila ada kegiatan yang berhubungan dengan PASKIB.
Setiap tahun pasti ada pelantikkan untuk anggota yang baru, yang melantik adalah senior-seniornya. Walaupun mereka sudah tamat, kadang mereka diundang bila ada pelantikan anggota yang baru. Di sini juga anggotanya mempunyai nama-nama khusus yang diberikan, karena dari beberapa generasi banyak yang memiliki nama “Azzahra” maka puteriku di beri nama panggilan “Bae”.
15.3. Masa SMA
Saat melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas, puteriku tetap dipanggil dengan panggilan “Azza”. Namun teman-teman dekatnya memberikan nama panggilan unik kepada puteriku. Terinspirasi dari nama “Special Marga” yaitu “Bama” dan dikaitkan dengan salah satu tokoh kartun, teman-temannya memanggil puteri dengan nama panggilan “Bamex”.

Apapun nama yang diberikan orang tua kita, harus kita hargai sebab dibalik nama yang diberikan pasti menyimpan suatu makna. Dan apapun nama panggilan yang diberikan kepada kita, itu adalah bentuk kasih sayang dan perhatian mereka kepada kita.
Semoga nama puteriku ini akan membawa berkah dan kesuksesan untuk kehidupannya di masa depan.

Rate this article!
Episode15. Nama Panggilan,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: