episode 22. Ragam Profesi

Ketika seorang gadis memutuskan untuk menikah dengan pria pilihannya, maka selesailah tugas orangtuanya dalam mendidik dan menjaganya. Pernikahan bagi seorang wanita tidak sekedar mengubah status dari seorang gadis menjadi seorang nyonya. Namun wanita dituntut untuk memikul tanggung jawab yang berat.
Setelah menikah seorang gadis harus mengalami beberapa proses, seperti beradaptasi dengan suami dan keluarganya, belajar mengurus rumah tangga dan harus siap untuk menjadi seorang ibu. Setelah memasuki fase kehamilan seorang calon ibu sudah diberi tanggung jawab untuk menjaga calon anakya.
Menjadi seorang ibu mungkin sebagian orang menganggapnya hal yang alami, tapi menjadi seorang ibu bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus memikul tanggung jawab yang sangat berat. Seorang ibu yang ideal tidak hanya sekedar dapat bobot (hamil), namun seorang ibu haruslah berbobot (berkualitas) untuk menciptakan anak yang berkualitas juga.
Seorang ibu dituntut untuk bisa mengurus rumah tangganya mulai dari A sampai Z. Tugas seorang seorang tidak pernah ada habisnya mulai bangun pagi hingga malam hari. Dan kadang juga seorang ibu harus bekerja di luar rumah untuk membantu perekonomian keluarga. Secara umum tugas-tugas ibu dapat digambarkan sebagai berikut :
1. Sebagai Manajer
Seorang ibu harus bisa mengatur semua urusan Rumah tangga tanpa terkecuali.
2. Sebagai Guru
Seorang ibu harus bisa mendidik anak-anaknya denga baik hingga tercipta generasi yang berkualitas. Ibu ibaratnya “Private Teacher” dan contoh yang paling konkrit untuk anak-anaknya. Ibu merupakan teladan bagi anak-anaknya.
3. Sebagai Koki
seorang ibu harus bisa memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarganya. Dengan membuatkan sendiri makanan untuk keluarganya selain terjaga kebersihannya, terkontrol gizinya juga dapat menciptakan kedekatan secara emosional.
4. Sebagai Perawat
Seorang ibu sangat dituntut kesiapannya baik secara fisik maupun mental untuk menjaga anak-anaknya. Mulai dari menjaga kehamilannya, merawat dan menjaga saat bayinya lahir dan harus terjaga setiap malam untuk memberikan MPASI dan saat anaknya mengalami sakit.
5. Sebagai Akuntan
Seorang ibu harus bisa mengelola keuangan jangan sampai “Besar pasak daripada tiang”. Artinya harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.
6. Sebagai Dokter
Seorang ibu harus bisa menjaga kesehatan keluarga, dengan menjaga kebersihan rumah, membuatkan makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan fisik anaknya.

Selain tugas-tugas diatas aku mempunyai tambahan beberapa profesi lagi dalam mendidik, menjaga dan menyayangi anak-anakku,seperti :
1. Wiraswasta
Selain bekerja kantoran aku juga membuka usaha kecil-kecilan untuk menambah ekonomi keluarga dan itu kulakukan setelah jam pulang kantor.
2. Tukang Ojek
Aku harus menjadi ibu yang siaga (siap antar jaga), mengantar/menjemput sekolah, les pelajaran tambahan dan keperluan lainnya.
3. Pelatih Renang
Saat puteriku harus menjalani terapi renang, aku mengajarkan berenang secara perlahan-lahan kepadanya sampai bisa.
4. Sebagai Teman
Aku juga harus bisa menempatkan posisi sebagai teman disaat anak-anak membutuhkan teman curhat. Mereka akan bicara secara terbuka tentang sekolah,teman bahkan pacar. Bahkan mereka juga kadang menasehatiku jika aku melakukan sebuah kesalahan dan juga melindungiku.
Masih banyak hal-hal yang lain seperti saat mereka ada pekerjaan rumah dari sekolahnya, membantu membuat prakarya, membuatkan makanan kesukaan mereka dan lain sebagainya. Mungkin karena semua kesulitan mereka bisa kuatasi, puteriku pernah memujiku.
“Mama tuh serba bisa.”katanya
“Tapi satu yang Mama tidak bisa.”katanya lagi
“Apa sayang.”tanyaku sedikit heran
“Tidak bisa menyopir mobil.”jawab puteriku
Aku tertawa mendengar jawaban puteriku yang sangat polos itu.

Begitulah seorang ibu, dia harus bisa menjadi “Super Mom” untuk anak-anaknya, selalu siap disaat mereka membutuhkan. Dan harus bisa memberikan perlindungan, perhatian dan kasih sayang yang tulus. Sebab anak adalah harta yang tidak ternilai harganya.

Rate this article!
episode 22. Ragam Profesi,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply