Episode 1. Angka 13

Sudah menjadi rahasia umum bahwa angka 13 adalah salah satu angka yang tidak membawa keberuntungan alias angka sial. Sebenarnya ini hanyalah mitos yang terlalu diyakini dan tidak jelas kebenarannya. Akhirnya menyeret kita ke pola pikiran yang salah.
Ini berakar dari keyakinan agama kuno, seperti ajaran KABBALAH yang dikenal sebagai kaum yang gemar mengotak-atik angka ( numerologi ). Yang akhirnya dikenal sebagai kaum geometrian. Kaum KABBALIS sangat mengagungkan angka 13 karena dianggap sebagai salah satu angka suci, disamping angka 11 dan 666. Yang dianggap mengandung daya magis dan sisi religius. Angka-angka tersebut mereka gunakan untuk ritual pemujaan setan. Oleh sebab itulah angka 13 dianggap sebagai angka sial.
Sedangkan di dalam agama Kristen angka 13 ditakuti karena dihubungkan dengan Yudas Iskariot ( sang pengkhianat Kristen ), yang menjadi tamu ke 13 pada perjamuan terakhir atau yang dikenal dengan “ The Last Supper “. Dan juga pada tanggal 13 Oktober 1307 Knight Templar ( Ksatria Kristen ), ditangkap dan dieksekusi oleh Raja Philip IV dari Perancis.
( sumber : cintalia.com )

Dan masih banyak lagi mitos-mitos lainnya yang terkait dengan atau menganggap angka 13 adalah angka yang membawa kesialan alias angka keramat.
Namun dalam agama Islam justru angka 13 menjadi symbol sebagai tiket umat-Nya untuk menuju Surga. Hal ini ditunjukkak dalam jumlah Rukun Sholat Yaitu :
1. Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Ruku’
5. I’tidal ( berdiri tegak setelah ruku’ )
6. Sujud dengan tujuh anggota tubuh
7. Duduk diantara dua sujud
8. Thuma’ninah ( diam sejenak )
9. Tertib urutan untuk tiap rukun yang dikerjakan
10. Tasyahhud Akhir
11. Duduk Tasyahhud Akhir
12. Shalawat
13. Dua kali salam

Sikap umat islam terhadap tahayul angka 13 sebagai angka keramat :
1. Semua angka itu sama
Allah tidak melebih-lebihkan dan juga tidak mengurangi setiap hikmah dalam angka tersebut. Karena sejatinya yang dari Allah itu adalah baik, sedangkan yang buruk datangnya dari manusia.
2. Jangan percaya
Yang demikian itu hanya untuk membodohi dan kedunguan akal mereka yang mengaitkan peristiwa kesialan yang mereka alami dengan angka.
3. Hanya sebuah doktrin
Upaya untuk menciptakan sugesti negative yang bertujuan melemahkan iman kita.

(sumber : infoyunik.com)

Lain halnya yang terjadi dengan diriku, angka 13 adalah angka keberuntungan dan anugerah terindah dalam hidupku. Di tanggal 13 aku mendapat karunia seorang bayi perempuan yang mungil, tepatnya tanggal 13 Oktober 2000. Ini melengkapi kebahagiaanku karena sebelumnya aku telah diberi seorang anak laki-laki, lengkap sudah kebahagiaanku dengan sepasang anak yang dipercayakan kepadaku.
Bahkan kelahiran putriku ini mampu merubah diriku menjadi ibu/wanita yang lebih baik. Sebelum kelahirannya penampilan atau cara berpakaianku jauh dari aturan islam, aku selalu berpakaian serba ketat, minim dan seksi sehingga mempertontonkan auratku. Aku mengidahkan ajaran islam dari cara berpakaianku karena mengikuti model pakaian yang ala kebarat-baratan . sehingga terlihat trendy dan tidak kuno dipandang orang.
Setelah kelahiran putriku aku mendapat hidayah merubah penampilanku. Hatiku tergerak untuk menggunakan hijab, lalu aku mencari makna berhijab dari Al-Qur’an dan buku yang terkait dengan hal berhijab. Namun ini bukan sebuah nazar, ini karena aku berpikiran aku harus memberi contoh yang baik-baik kepada putriku sedini mungkin. Sebab ibu adalah orang yang paling dekat dan menjadi panutan bagi anak-anaknya.
Dengan niat yang baik dan tulus melakukannya serta memberi manfaat untuk orang banyak, insya’allah akan berbuah kebaikan juga.

Rate this article!
Episode 1. Angka 13,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply