Efek Positif Mempunyai Etika

Setelah makna etika dan beberapa alasan mengapa kita harus mempunyai etika pada artikel sebelumnya, sekarang saya akan sedikit menguraikan beberapa efek positif bila kita mempunyai etika.

Apa saja ya? Wah, pasti banyak bin katsir deh temen-temen ๐Ÿ˜€ Tapi yang pasti, dengan memiliki etika yang baik seorang laki-laki akan menjadi tambah ganteng dan seorang wanita juga akan bertambah cantik. Etika yang baik memang akan membuat seseorang menjadi lebih kece dan mempunyai nilai plus. Apapun itu latar belakang keluarganya, profesinya, pendidikannya maupun jabatannya.

Karena ketika seseorang mempunyai/melakukan etika yang baik, ada rasa kepuasan batin dalam hatinya yang memancar di wajahnya. Terlebih saat apa yang dilakukannya itu menularkan kebaikan dan membawa kebahagiaan pada orang lain. Dalam ajaran Islam etika yang baik adalah berbuat amal shaleh dengan berakhlak yang baik.

Ibnul Mubarak berkata: โ€œAkhlak yang baik adalah: โ€œberwajah cerah, melakukan yang maโ€™ruf dan menahan kejelekan (gangguan).โ€

(Sumber: http://salafydotordotid/blog/2003/08/01/berhias-diri-dengan-akhlak-yang-baik/)

Ibnu Abbas mengatakan, ”Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rezeki, dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya.”

(Sumber: http://fiqhcewekdotblogspotdotcodotid/2011/07/marilah-kita-percantik-diri-secaradothtml?m=1)

Nah, jadi kalau ingin cantik dan ganteng yang sesungguhnya, tak perlu lagi memakai make up yang tebal, pakaian mewah dan model rambut ala kekinian. Cukuplah kita memiliki etika/akhlak baik yang ditunjang dengan keikhlasan dalam beribadah. Dijamin penampilan wajah akan menjadi kiclong asli deh.. ๐Ÿ™‚

Itu tadi baru sebagian kecil efek positif dari etika yang nampak dari fisik kita. Masih banyak efek positif lain jika kita mempunyai etika. Di antaranya sebagai berikut:

๏ถ Termasuk dalam manusia yang terbaik menurut Allah Swt. dan Rasulullah Saw.
ยซุฅูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุฎููŠูŽุงุฑููƒูู…ู’ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽุฎู’ู„ุงูŽู‚ู‹ุงยป

Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya. (HR. Bukhari No. 3559, dari Ibnu Umar, Muslim No. 2321, dari Ibnu Amr. Ini lafaz Bukhari)

(Dikutip dari: http://wwwdotdakwatunadotcom/2015/02/02/63355/inilah-beberapa-manusia-yang-terbaik-dan-paling-utama-menurut-al-quran-dan-sunnah/)

๏ถ Disayang orang tua, mertua dan saudara
๏ถ Banyak teman yang menyukainya
๏ถ Mudah mendapatkan pekerjaan.
๏ถ Mudah mendapatkan jodoh (bagi yang masih jomblo :P).
๏ถ Menambah keharmonisan rumah tangga.
๏ถ Menjadi teladan bagi anak, cucu dan keturunan.
๏ถ Menjadi anggota masyarakat yang dipercaya.

Hayoo, siapa yang tidak mau mendapatkan semua efek positif tadi dengan manfaatnya bila mempunyai etika/akhlak yang baik? Siapapun pasti pengen kan? Nah, makanya dari sekarang mari kita mulai membiasakan diri untuk beretika/berakhlak yang baik yuk… ๐Ÿ˜‰

Lalu kapan, di mana, dengan siapa saja, dan bagaimana cara kita ย beretika? Ikuti pembahasannya di artikel saya yang selanjutnya ya.. ๐Ÿ™‚

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply