Catatan Kecil: Keseriusan Jamaah KMO

Mohon maaf jika ternyata tulisan saya nantinya akan berakibat berbeda dengan apa yang ingin saya utarakan atau mungkin akan menjadi penilaian yang buruk bagi saya (sebagai peserta) oleh Tim KMO.

Kelas Menulis Online benar telah dimulai tanggal 13 Desember 2016 kemarin. Saya sebagai peserta (jamaah) di kelas ini sungguh sangat terharu dan sekaligus mengapresiasi ketulusan Tim KMO dalam memberikan pelatihan menulis ini dengan GRATIS. Sesuatu yang luar biasa menurut saya, di zaman seperti ini, masih saja ada orang-orang berhati mulia yang mau berbagi dan mengajak banyak orang untuk menjadi bermanfaat melalui tulisan. Terlepas dari apakah semua jamaah akan dapat menerbitkan buku pada waktu yang telah mereka ikrarkan sendiri, menjadi peserta dikelas menulis ini sudah menjadi sesuatu yang luar biasa (bagi saya pribadi).

Baiklah,kita kembali ke kelas. Pertanyaan yang muncul pertama kali diberikan Coach kepada jamaah dalam kelas yaitu Alasan mengapa kita ingin menulis? dan jawaban yang diberikan jamaah sungguh sangat beragam dan luar biasa. Konsekuensi dari jawaban yang diberikan jamaah kemudian diejawantahkan dalam tugas pertama. Jamaah diminta untuk menuliskan artikel di laman sarapankata.com, selain itu jamaah juga diminta untuk membuat ikrar dengan contoh yang sangat jelas.

Apa Catatan dari Tugas Pertama?

Saya memang tidak sempurna dalam melaksanakan tugas yang diberikan, tetapi minimal saya berusaha untuk mengerjakan sesuai perintah yang diberikan. Setidaknya ada dua poin penting yang semuanya harus menjadi catatan bagi saya pribadi.Kedua hal tersebut tentu berhubungan dengan tugas yang diberikan:

Artikel

Artikel yang harus dibuat ini sebenarnya dan seharusnya merupakan pengejawantahan/ penjabaran dari jawaban jamaah saat di kelas. artikel yang dibuat tentunya harus menjabarkan mengapa mereka harus menulis. Jikalau saat dikelas kita mengutarakan jawaban A, seharusnya ya kita menguraikan mengapa saya menjawab A.

Hal yang perlu diingat juga dalam penulisan artikel ini yaitu batas minimal kata. Walaupu ini kelas gratis, janganlah lalu menyepelekan dengan mengingkari ketentuan yang ada. Mengingkari disini maksudnya, menulis artikel tanpa mencapai batas minimal kata.

Mari kita renungkan, 400 kata yang kita tulis ini sebenarnya sebagai stimulus saja bukan terhadap otak kita yang mungkin sangat jarang kita gunakan untuk menuliskan sesuatu?! Bayangkan jika hanya 400 kata saja kita mengatakan berat dan sangat ogah-ogahan dalam menulis, bagaimana kalau kita mau menulis satu buku?!

Ikrar Peristiwa

Tugas selain artikel adalah membuat ikrar peristiwa. Ikrar ini merupakan janji jamaah kepada dirinya sendiri, entah mau diingkari atau ditepati, Tim KMO tidak pernah mengoreksi. Hal ini dikarenakan memang jamaah yang memiliki kewenangan atas tulisan yang akan ditulisnya sendiri.

Hal utama yang menjadi ketentuandalam ikrar ini (sesuai contoh yang diberikan) yaitu ditulis tangan dan ditempel foto diri kemudian difoto untuk diunggah ke media sosial Facebook. Apakah semua jamaah sudah melakukannya? atau masih ada yang kurang sesuai dengan perintah yang begitu jelas?

Kedua poin ini perlu saya utarakan disini, sebagai penyemangat kepada teman-teman jamaah semua agar mau untuk mengikuti kelas ini secara serius. Jangan setengah-setengah mengikuti kelas ini!, Jangan menganggap remeh kelas ini!, jangan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang kelas ini!. Karena kelas ini diselenggarakan oleh orang-orang yang serius memberikan ilmunya.

Sebagai akhir dari tulisan ini, saya sangat terbuka untuk berdiskusi dan mungkin justru akan dirundung (bully). Apapun yang akan saya terima sebagai konsekuensi tulisan ini akan saya terima dengan lapang dada, yang pasti ini demi kebaikan kita bersama (jamaah dan Tim KMO) dalam pelaksanaan KMO 8.

 

Agus Riyanto, WA: 082225444600

 

Rate this article!
author

Author: