Catatan Hati Seorang Jomblo

Kalau dari baca judulnya pasti yang langsung  diingat mbak Asma Nadia, secara emang fenomenal bener karya mbak Asma Nadia ini sampai sinetronnyapun juga ada. Harus saya akui bahwa setiap istri itu memiliki banyak sekali catatan dalam perjalanan hidupnya tetapi mungkin agak berbeda dengan mbak Asma Nadia, catatan yang sering saya lihat dari seorang istri itu adalah catatan belanjaan.  Ya saya tahu karena pernah nemenim Almarhumah Ibu belanja ke pasar dan juga saudara perempuan saya. Fungsinya agar barang yang dibeli emang sesuai dengan yang dibutuhkan. Ok lah kita tinggalin dulu catatan belanjaan ini.

Banyak yang bilang kalau jomblo itu selalu selalu berharap hujan di malam minggu. Terus katanya malam minggu bagi para jomblo sama seperti malam jumat? (Nah ini yang belum tahu keutamaan malam Jumat). Malah ada yang memiliki persepsi bahwa jomblo itu mengidap kelainan. Dont jugde the book from the cover. Cuma segitu? Cuma hari – hari yang dipenuhi dengan kesedihan, ratapan dan tangisan belaka. Lantas apakah semua hal ini juga akan berlaku buat saya? Salah besar jika anda berpikiran seperti itu.

Jomblo itu pilihan friends, ya sebuah pilihan yang setidaknya akan mencoba menyelamatkan saya dari murkanya Allah, yang dengan jomblo itu saya akan memegang prinsip hidup saya dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam Agama salah satunya pacaran (masih sulit untuk move on dari pacaran). Jomblo itu tidak akan pernah menjadi hina selama ini  bukan alasan untuk menunda pernikahan tetapi justru merupakan pilihan yang mulia jika ini dapat menghindarkan dari berbagai maksiat. Apalagi jika diisi dengan hal-hal yang positif terutama dalam hal memperbaiki diri saya sendiri.

Satu hal yang pasti dalam dunia perjombloan adalah pikiran saya lebih tenang. Saya tidak akan menghabiskan waktu untuk memikirkan seseorang yang belum halal buat saya. Saya juga tidak perlu sibuk-sibuk mau merubah penampilan saya dan jati diri saya sesuai yang diinginkan oleh seseorang misalnya. Pikiran yang pasti lebih tenang dan fresh dari segala  macam hal-hal yang memang gak perlu buat dipikirin. Pikiran saya cukup dicurahkan buat diri sendiri, keluarga, sahabat  dan yang pasti pikiran ini akan lebih fokus buat beribadah.

Santai aja dengan status jomblo itu, buat apa juga sih mikirin perkataan orang? Percayakan semuanya Allah yang mengatur. Allah itu ingin melihat sejauh mana kesabaran dari hambanya. Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q. S. Al-Baqarah:153). Walaupun kadang ada kepikirian sedikit (catet cuma sedikit), pikiran itu akan langsung saya alihkan terhadap begitu banyaknya nikmat – nikmat yang Allah berikan kepada saya yang justru tidak pernah terlintas sedikitpun dalam pikiran saya akan diberikan nikmat tersebut. Satu hal yang pasti jangan pernah untuk meninggalkan ibadah kepada Allah terutamana Sholat, jangan sampai sudah gak dapat perhatian dari manusia, eh malah juga gak dapat perhatian dari Allah. Bahaya kan kalau Allah sudah tidak memberikan kita perhatian, karena letak kehinaan seorang jomblo itu bukan dari tidak mendapatkan perhatian dari manusia tetapi tidak mendapatkan perhatian dari Allah.

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply