Buah Kopi

Buah kopi? Ya. Kopi memang berasal dari buah. Sedikit dari kita yang menyadari kalau biji kopi itu ternyata berasal dari buah kopi.

Ya, jika kita lihat ke pohonnya langsung, kita akan lihat rentengan buah. Buah kopi yang belum matang berwarna hijau. Yang sudah agak matang berwarna kuning. Yang matang, berwarna merah. Nah, jika dimakan, kulit buah yang berwarna merah itu berasa manis. Ya, kopi itu buah. Rasa buah yang kita suka? Manis! Buah inilah yang nanti diolah menjadi biji kopi. Karena biji kopi berasal dari buah, sudah menjadi kesepakatan umum bahwa yang matanglah yang paling bagus.

Terdapat serangkaian proses pengolahan yang cukup panjang untuk mengubah buah kopi menjadi serbuk kopi yang siap diseduh. Proses tersebut meliputi pemetikan buah, penyortiran buah, pengupasan kulit, penjemuran biji, dan penggilingan biji kopi. Setiap proses harus dikerjakan dengan benar agar kualitas kopi tetap dapat dipertahankan.

Memanen kopi. Pada umumnya, kopi siap dipanen pada akhir musim kemarau. Buah yang matang sempurna kulitnya berwarna merah, bertekstur agak empuk, dan mengeluarkan aroma khas yang semerbak. Karena memilih buah-buah kopi yang matang, jadi panen dilakukan secara manual dan berulang-ulang karena setiap harinya selalu ada buah yang matang.

Sudah berpanen? Selanjutnya adalah penyortiran. Namanya juga manusia, meskipun sudah berhati-hati dalam memetik buah kopi pasti ada saja buah kopi mentah atau setengah matang yang ikut terbawa. Alhasil, dilakukan penyortiran untuk memisahkan buah yang matang sempurna dan yang belum matang sempurna. Karena buah yang matang sempurna ini berkualitas lebih rendah dari pada yang matang sempurna.
Sebelum proses penggilingan dilakukan penjemuran terlebih dulu demgan tujuan mengeringkan buah agar kulitnya mudah dikupas. Penjemuran dilakukan selama 2-3 hari.

Pengupasan kulit. Dalam pengupasan kulit ada cara modern dan tradisional. Pengupasan secara tradisional menggunakan alu dan lumpang, dengan cara ditumbuk sampai kulitnya terkelupas. Sedangkan pengupasan secara modern menggunakan mesin. Selesai dipisahkan dari kulit dan cangkangnya, biji kopi kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Proses ini dilakukan sampai kandungan air di dalam biji kopi tersisa tinggal 30-35 persen.

Setelah menjalani proses penjemuran biji kopi dipanggamg, setelah dipanggamg biji kopi akan berubah warna yang lebih gelap dan beraroma lebih kuat. Pemanggangan secara moderen dengan menggunakan oven. Sedangkan cara tradisional dengan cara mensangrai (menggoreng tanpa minyak).

Kopi yang sudah dimasak selanjutnya digiling menjadi serbuk kopi. Proses penggilingan dilakukan secara tradisional dengan cara menumbuk biji kopi. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang tersedia mesin penggiling kopi.

  • Nah, itulah serangkaian proses pengolahan yang cukup panjang dari buah kopi menjadi serbuk kopi yang siap diseduh.
Rate this article!
Buah Kopi,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: