BODY, MIND & SOUL

Kehidupan manusia terdiri dari tiga unsur, Body yang meliputi semua fisik manusia secara kasat mata dari ujung rambut sampai ujung kaki, Mind adalah pikiran manusia, Soul jiwa yang terdapat jauh didalam hati setiap manusia. Setiap perubahan dari unsur tersebut akan mempengaruhi unsur unsur yang lainnya. Ketiga unsur tersebut memiliki sifat yang berbeda, menurut Sora Astral bahwa Body memiliki sifat yang real artinya dapat dilihat secara nyata dan mudah untuk diketahui dari luar. Body ini meliputi dari ujung rambut sampai ujung kaki.  Berfungsi sebagai eksekutif atau pelaksana dari berbagai perintah yang dikirim oleh mind. Beberapa karakteristik body adalah stamina, kelincahan, kekuatan, ketahanan, kecepatan, dan kelenturan. Sakit yang diderita body akan berfek secara logic. Contohnya jika terkena sayatan akan berdarah dan jika terbentur akan benjol. Body memerlukan asupan makanan secara nyata pula, berupa makanan yang terdapat di seluruh permukaan bumi.

Mind memiliki sifat abstrak tetapi masih agak mudah diketahui atau diterka isinya dari luar. Mind ini diciptakan oleh salah satu bagian body, yaitu otak. Mind muncul bersamaan dengan body ketika seorang manusia terlahir ke bumi karena mind perlu mengatur seluruh organ tubuh manusia mulai dari jantung, paru-paru, urat nadi, sampai ke bagian terkecil yaitu sel. Bisa dikatakan mind berfungsi sebagai badan legislatif tubuh manusia karena mindlah yang memiliki wewenang memutuskan apa yang harus dikerjakan body. Karakteristik mind hanya ada sedikit, yaitu tergantung penilaian IQ. Sakit yang dialami mind biasanya disebabkan oleh sakit yang dialami body. Sedangkan Soul menurutnya juga memiliki sifat yang abstrak sama seperti mind. Akan tetapi tidak diketahui kapan soul muncul pada seorang manusia.

Didalam kehidupan kita ketiga unsur tersebut saling berkaitan, jika jari teriris pisau maka otak akan mengirimkan sinyal kepada pikiran untuk merasakan sakit. Pernah merasa tersinggung karena dipanggil “gendut” ?. nah ini adalah contoh kasus bahwa ketika body  atau tubuh kita dihina maka perasaan kita yang tersakiti meskipun ini benar adanya tapi kenapa tetap saja merasa tidak suka. Karna… “ gendut “ bukanlah nama kita, itu adalah julukan yang ditujukan kepada orang – orang tertentu yang memiliki bobot badan berlebih, kelihatannya seperti bercanda tapi percayalah itu sedikit menyakitkan, dan julukan itu terdengar sedikit menghina, kecuali ditujukan kepada anak kecil, itu terdengar seperti pujian.

Pernah membaca artikel – artikel di vimale.com dikategori Body and Mind, disana anda akan menemui banyak sekali artikel artikel yang lumayan menyentuh mind and soul anda, ada cerita tentang seorang gadis yang tidak percaya diri, minder dan suka meyendiri dia seorang gadis yang buruk rupa dan dijauhi teman – temannya, teman – temannya mendekat hanya karena ingin meminjam tugas dan mencontek disaat ujian. Karna gadis yang buruk rupa ini ternyata memiliki otak yang cemerlang. Tidak hanya para siswa yang menghinanya seorang gurupun ada yang memandangnya dengan sebelah mata, sangat menyakitkan ketika seorang murid menganggap guru sebagai tauladannya, sebagai seseorang yang sempurna dan baik hati tetapi pada kenyataannya guru hanyalah manusia biasa saja yang tidak luput dari khilaf dan dosa. Singkat kata karna keluarganya yang selalu memberi semangat dan motivasi maka gadis yang buruk rupa ini bangkit dan sedikit demi sedikit mulai percaya diri, karena dia menyadari bahwa bahagia itu hak setiap orang dan bahagia itu seharusnya tanpa syarat, cukup kau ciptakan di hati dan dipikiranmu, maka bahagia akan bersamamu.

Sepertinya hanya cerita sederhana biasa saja,tapi yakinlah cerita ini dekat dengan kehidupan kita sehari – hari, setiap hari di salah satu sekolah dekat rumahmu pasti ada anak yang dibully, di kantor mu atau kantor suami mu pasti ada salah satu pegawai yg jadi perbincangan baik karna fisiknya atau karna tingkahnya. Kamu, bagian yang mana ?

Teman sejati, tidak pernah peduli dengan size mu, karna baginya kebahagiaan mu lah yang terpenting, jadilah teman sejati yang membuat sahabat sahabat mu tertawa dan bahagia, terimalah mereka apa adanya, jangan bertanya tentang keresahannya karna jika waktunya sudah tepat dia akan bercerita dengan mu tanpa kau minta.

Ketika tubuh dan pikiran kita sudah bersinergy dengan baik maka lihatlah, jiwa mu yang indah akan terpancar dari auramu, dari bahasa tubuhmu, dari caramu bertutur kata dari caramu mengambil keputusan, semua terpancar indah.

Ketika pikiran kacau, hati resah maka tenangkanlah jiwamu dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta, hanya mengingatNya hati akan menjadi tenang. Karna Dia yang menciptakan kita, Dia yang maha mengetahui segalanya tentang kita… kita yang hina, kita dengan segala keburukan kita, dan ketika kita bersembah sujud dihadapan-Nya dia akan merangkul kita… curahkanlah segara keresahan jiwa kita hanya kepadaNya, karna hanya Allah lah tempat kita berharap. Jangan pernah bergantung dan berharap kepada selain Allah karna hanya kekecewaan yang akan kita dapat, jika tidak ada bahu untuk bersandar masih ada lantai untuk bersujud.

Ketika tubuh lelah, pikiran akan terasa penat dan jiwa terasa hampa, ketika beban hidup terasa begitu berat kembali bersujudlah hanya kepada Nya, menangislah… karna air mata bukan pertanda kau lemah… dengan air mata yang mengalir akan melahirkan semangat baru, jiwa yang lebih kuat dan hebat.

Keindahan tubuhmu tidak menjamin keindahan jiwamu, banyak cara untuk membuat tubumu menjadi lebih indah, parasmu menjadi lebih cantik, tapi pikiran dan jiwa mu… tidak dapat kau poles dengan make up mahal, tidak dapat dipercantik disalon  mewah. Ada yang mengatakan cantik rupa belum tentu cantik hati, tapi jika hati kita yang cantik maka akan terpancar juga di wajah kita, terpancar juga dari tingkah laku kita, maka begitu penting untuk menjaga pikiran kita agar tetap selalu positif, untuk selalu bersyukur.

Rate this article!
BODY, MIND & SOUL,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: