BIDADARI BERLEMAK (Bag. 1)

Ketika mendengar kata LEMAK apa yg ada dalam pikiran anda, atau apa yang anda lakukan ? Kalau saya langsung reflek tangan kanan meraba perut trus lanjut menusuk nusuknya pakai telunjuk, alis mata langsung naik lalu menghela nafas sambil monolog… diet diet…olahraga …hayuuk… mulai zumba lagi ! Oke siip kita mulai besok yah… atau minggu depan, lanjutin makan nasi bakar.

Sebelum lanjut ngebahas nasi bakar eh lemak maksudnya, hayuuk kita googling what is the meaning of lemak, Berdasarkan artikel yang saya baca, lemak dapat digolongkan menjadi 2 jenis yakni lemak yang berasal dari hewan dan tumbuhan atau yang dikenal sebagai lemak nabati Lemak yang berasal dari hewan mengandung banyak kolesterol sedangkan lemak nabati mengandung fitosterol, yaitu lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi mikir kan selama ini yang paling banyak kita konsumsi lemak apa hewan atau nabati?

Dan ternyata lemak yang berasal dari hewan berbentuk padat berbeda dengan lemak nabati yang biasanya berbentuk cair. Seringkali kita memiliki pandangan yang salah mengenai lemak, kita atau saya khususnya selalu menganggap bahwa lemak itu sifatnya membahayakan kesehatan. Namun, tidak selalu seperti itu. Lemak memang dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan yaah seperti yang kita tahu apapun yang berlebihan itu tidak baik. Tetapi, dalam jumlah seimbang, lemak dapat memberikan manfaat penting bagi tubuh. Didalam artikel yang saya baca berikut ini beberapa manfaat dahsyat lemak bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Menjaga Fungsi Otak Selalu Optimal. Hampir 60 persen jaringan otak tersusun atas lemak. Tak terbayangkan, jika anda malah anti untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Lemak yang dimaksud yaitu berasal dari ikan (asam lemak omega 3), buah alpukat serta kacang-kacangan.
  2. Berperan Dalam Membantu Penyerapan Vitamin. Fungsi lemak yang tak kalah penting, yaitu berperan penting dalam membantu penyerapan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, apa jadinya jika anda menghilangkan menu makanan yang mengandung lemak kedalam diet anda.
  3. Menangkal Datangnya Alzheimer Lebih Dini. Seiring bertambahnya usia seseorang, berbagai masalah gangguan kesehatan akan rentan muncul seperti Alzheimer, parkinson serta gangguan otak lainnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dapat membantu penyerapan vitamin D. Vitamin D inilah yang dapat menurunkan berbagai masalah dan gangguan pada otak anda.
  4. Menjaga Kesehatan Organ Paru-Paru. Lemak juga berperan penting agar organ paru-paru dapat bekerja lebih optimal sekaligus menjaga paru-paru anda. Ini dikarenakan, hampir sebagian besar organ paru-paru dilapisi oleh suatu zat yang bernama lemak.
  5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda. Mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung lemak dapat membantu sel darah putih dalam menangkal serta memusnahkan berbagai virus, bakteri dan jamur yang dapat mengancam tubuh sewaktu-waktu.
  6. Membantu Merawat Kulit Wajah Dan Tubuh Anda. Ini dikarenakan, hampir sebagian besar membran sel dalam tubuh tersusun atas lemak. Dengan mencukupi kebutuhan lemak yang diperlukan oleh tubuh, maka sel-sel penyusun tubuh akan terjaga kesehatannya dan pada akhirnya kulit menjadi lebih sehat, halus dan bersinar setiap saat.
  7. Jantung Yang Lebih Sehat Dan Kuat. Lemak khususnya lemak jenuh berkontribusi besar dalam peningkatan kesehatan organ jantung anda (minyak kelapa jenuh). Jadi, masihkah mengabaikan lemak dalam menu makanan anda sehari-hari…???.

Yuukk… tetap mengkonsumsi lemak, tapi ingat yah… harus tetap dalam jumlah seimbang.

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: