Berubah itu Mudah

Berubah Itu Mudah Lho

“Berubah itu mudah?!? Masa sich? Kata siapa mudah?”

“Kata saya…” ^__^

Berubah itu mudah jika kamu memandangnya sebagai sesuatu yang mudah. Jika belum apa-apa kamu sudah menganggapnya susah, ya akan menjadi susah. karena mindset susah sudah tertanam pada pikiran kamu sebelum kamu mengerjakan sesuatu.

Kamu ingin berubah dari kebiasaan lama seperti, bangun tidur selalu kesiangan, sholat selalu keteteran, kebiasaan sarapan pagi sekalian makan siang atau mandi jarang-jarang dan masih banyak lagi kebiasaan buruk yang menurut kamu mungkin susah untuk ditinggalkan.

Sebenarnya mudah untuk meninggalkan semua kebiasaan buruk kamu itu selama kamu MAU BERUBAH. Kalau kamu tidak punya kemauan untuk berubah, itu yang susah. Jadi, kamu harus mau dulu.

Setelah ada kemauan, yang perlu kamu lakukan sekarang adalah TINDAKAN atau ACTION! Ini adalah kunci terpenting agar kamu benar-benar dapat berubah. Ayo kita catat tindakan apa yang harus kamu lakukan sekarang.

Bangun tidur selalu kesiangan.

Menurut kamu action apa yang harus kamu lakukan agar kamu tidak bangun kesiangan lagi? “Bangun Pagi!” Ya! Tepat sekali!

Terus gimana caranya supaya kamu bisa bangun pagi? Tentu banyak cara yang bisa kamu lakukan ya. Bisa dengan tidur lebih awal, memasang alarm atau meminta seseorang untuk membangunkan kamu. Tapi sebaiknya sih kamu harus mulai membiasakan diri untuk bisa bangun sendiri, jadi tidak merepotkan orang lain juga.

Oke, masalah pertama kamu sudah selesai.

Selanjutnya, sholat selalu keteteran. Koq bisa sih? Hmm.. sepertinya ini karena kebiasaan kamu yang selalu bangun kesiangan itu kan? Ya jelaslah, kalau bangunnya sudah siang, pasti sholat shubuhnya ketinggalan, sholat dzuhurnya malas-malasan, sholat asharnya kebablasan, paling mengerjakan sholat maghrib itu pun kalau ada yang mengingatkan, iya kan? hehe.. sholat isya terlewatkan, karena keasyikan begadang, ngantuk, ketiduran. Hmm.. mau sampai kapan seperti itu? Kamu sudah saatnya harus segera berubah tuh, sebelum terlambat, keburu kiamat sudah gak sempat taubat.

“Terus caranya gimana?” Caranya ya, sholatlah awal waktu, jangan ditunda-tunda. Kalau sudah malam baik nya segera istirahat, ❝jangan begadang kalau tidak ada gunanya❞ ingat kata-kata penting ini ya,  karena  ini saya kutip langsung dari kata-kata seorang Raja lho.. Raja Dangdut maksudnya, hehe…

Jika istirahat cukup, kamu bisa bangun lebih pagi. Sebelum masuk waktu shubuh kamu bisa sholat tahajjud. Nah, kalau bisa begitu semua  kan jadi Good, hehe… Bangun pagi, sholat tahajjud walau pun awalnya hanya dua rakaat (mudah-mudahan selanjutnya semakin meningkat), terus sholat shubuh berjama’ah deh di masjid (terutama bagi laki-laki). Setelah sholat, lanjut do’a,  dzikir dan membaca Al-Qur’an (ingat, kebiasaan yang ini jangan sampai ketinggalan), terus lanjut jalan (olahraga) sekalian cari sarapan (ini sepertinya pengalaman anak kosan banget ya, hehe).

Baiklah, sekarang bagaimana? untuk  kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya kamu pasti sudah bisa menyelesaikannya sendiri kan? Kalau belum bisa, kamu bisa ikuti saja pola di atas. In syaa Allaah mudah koq. Yaa, walau pun untuk bisa berubah itu butuh proses, kamu harus tetap semangat dan tidak berputus asa ya. Dan, ingat, jika kamu sudah berhasil berubah jadi lebih baik, kamu harus bisa istiqomah ya.. jangan sampai kembali ke kebiasaan lama yang buruk dan merusak masa depan kamu.

Oke, Saatnya Berubaaah!!!

Semangat!!!

Ingat! Berubah itu Mudah! ^__^

#SarapanKataKMO

#1000PenulisMudaMelatih Anak Punya Sikap Self Defense

Tety

Denpasar, 17 Mei 2016

Rate this article!
Berubah itu Mudah,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. author

    Tety Al Indunissy10 months ago

    Assalamu’alaikum Admin. Mohon maaf, saya ingin bertanya, tulisan saya (yang berjudul Berubah Itu Mudah Lho) mengapa nama penulisnya berubah ya? Jadi bukan nama saya yang muncul tapi nama yang lain.

    Reply

Leave a Reply