BERSYUKUR

Seberapa banyak kita bersyukur? Dan kapan saja?

Mungkin di saat kita mendapatkan rezeki berupa harta, kemudahan atau dikabulkannya doa. Misalnya ketika insentif cair, keuntungan berlipat, menang doorprize, dan ditraktir. Juga saat dimudahkan untuk menyelesaikan naskah, membesarkan anak, mendapatkan pekerjaan dan jodoh. Atau juga dapat meraih impian menjadi pebisnis sukses atau penulis terkenal, yang ikut kita ucapkan dalam doa.

Semua itu yang sangat jelas terasa menguntungkan kita.

Bagaimana jika terjadi sebaliknya? Apa yang kita lalukan ketika kehilangan, diberi kesulitan, atau tak terkabulnya doa? Masihkah sedih, kecewa, dan kesal muncul? Kemudian kita pun berkeluh kesah, mengomel, bertanya-tanya kenapa, dan tak bersemangat untuk berikhtiar lagi.

Padahal sudah tahu bahwa apapun yang terjadi kepada kita adalah yang terbaik. Pemberian Allah yang sangat menyayangi kita. Memang bisa jadi karena kelalaian kita sendiri. Tapi itu juga adalah perwujudan kasih sayang-Nya. Kita diingatkan sudah lalai dan diberi kesempatan untuk memperbaiki.

Tadi pagi, saya mengalami itu. Ketika merasa tidak seberuntung seseorang. Ternyata masih ada rasa sedih di hati. Tapi kemudian Allah mengingatkan melalui aktivitas rutin pagi. Saya tersentak ketika menyadari bahwa apa yang saya inginkan tadi (seberuntung seseorang) tidak mendukung kepada tujuan hidup hakiki.

Masyaa Allah…

Ternyata hati ini masih miskin keyakinan-keyakinan islami. Masih perlu banyak belajar.

Alhamdulillah…

#selfreminder
#bersyukur
#AllahMahaPenyayang
#enlightenedheart

Rate this article!
BERSYUKUR,5 / 5 ( 1votes )