BERSIHKAN PIKIRAN DAN HATI DENGAN MENIADAKAN PENILAIAN

BERSIHKAN PIKIRAN DAN HATI DENGAN MENIADAKAN PENILAIAN
BISMILLAH

Hidup dengan pilihan bahagia adalah pilihan seluruh mahluk hidup, kebahagiaan bersama diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi. Kebahagiaan mendamaikan hati sehingga hidup akan terasa mudah dijalani. Terasa langkah kaki ini menapaki lorong-lorong yang masih rahasia ini tiada ketakutan dan kecemasan. Dengan kaki melangkah pasti karena kita yakin itulah tujuan kita dan impian yang harus kita raih. Bagaimana kita bisa menerima keadaan sekitar sesuai dengan apa yang kita inginkan? Terkadang apapun sesuatu diluar diri,tidak mendukung kita kurang berkenan atas keadaan itu. Tapi kita harus siap menerima apapun yang terjadi karena mau tidak mau itulah takdir atau pilihan hidup kita. Terkadang mengapakah diri ini tidak bisa menerima keadaan itu? Karena kita tak menginginkan hal itu terjadi,sehingga membuat hidup kita semakin terpuruk karena menjalani hidup yang tidak sesuai dengan harapan kita. Kayaknya Alloh tidak adil mengapa kita kok tidak dikasih apa yang kita inginkan . Karena Alloh lebih tahu mana yang terbaik untuk diri kita manusia,Alloh takkan membuat hambanya menderita. Setiap bentuk kasih sayang Alloh berbeda ada yang diberi musibah atau cobaan untuk menguji tingkat keimanan dan kesabaran kita. Itulah salah satu bentuk kasih sayangNya yang terkadang kita salah memaknainya.

“ Bagaimana agar pikiran dan hati kita tetap kosong atau bersih dari segala apa yang kita lihat dan dengar?” Apabila kita melihat sesuatu dan mendengar dengan mata indria kita janganlah langsung memberi penilaian terhadap apa yang kita lihat,cobalah untuk memahami dulu apa yang kita hadapi sekarang. Dengan cara mengamati saja apa yang ada didepan kita, seperti kita melihat bioskop begitulah.” Sekedar amatilah” Jangan bikin poin untuk menlabel atau menilai dari sudut kacamata kita sendiri. Karena apa yang kita lihat menurut sudut pandang pribadi belum tentu benar, jadikan gunakanlah cara ini untuk menyingkapi sesuatu hal didepan kita. Dengan tiadanya penilaian pikiran kita tidak akan terfokus apa yang kita nilai sendiri, karena apabila kita sudah memberi titik poin disitu. Secara tidak langsung pikiran akan membentuk satu tema yang membuat kita berpikir dan temapun itu kita yakini dan membikin respon kehati kita. Begitulah hati-hati apa yang kita pilihkan buat pikiran ini,karena alam bawah sadar merespon apa yang kita pikirkan.

Dengan melatih diri mengenal pikiran kita sendiri,dan berhati-hati tidak memberikan penilaian apapun terhadap obyek didepan kita,maka pikiran kita kosong dan hati kita tidak ada respon apapun.Begitulah cara saya menyingkapi suatu obyek didepan saya,pikiran akan terus terpelihara dari hal-hal negatif yang bisa merusak pikiran kita. Pikiran ibarat kebun taman bunga kita,terserah kita sendiri memberikan tanaman bunga atau rumput yang bisa merusak tanaman yang subur itu. Bila pikiran kita selalu bersih maka akan terjaga dari pikiran dan emosi negatif, terus mengembangkan diri mencapai kesadaran diatas manusia rata-rata. Dan terus menjadi pembelajar sejati agar tercipta pikiran dan hati yang selalu bersih dan selaras dengan harmonisasi alam ini amiin.
Writter
Teratai

author

Author: