Berbahasa, Berbudaya

Dalam kehidupan sehari – hari, berkomunikasi adalah hal yang  tidak dapat dihindari lagi di berbagai kalangan dan lingkungan. Komunikasi ini telah dijadikan saran untuk berinteraksi antar sesama. Antara satu Negara dan Daerah yang lain juga memiliki cara berkomunikasi dan bahasa yang berbeda – beda. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan budaya yang diturunkan secara turun – menurun oleh nenek moyang masing – masing. Suasana yang ditimbulkan dari perbedaan budaya juga sangat mencolok.

Bahasa yang telah dijadikan bahasa internasional, dan wajib untuk dipelajari adalah Bahasa Inggris. Terutama untuk para duta Negara, kepala pemerintahan, ataupun masyarakat lokal yang ingin bepergian ke mancanegara. Mereka setidaknya dianjurkan untuk mengerti tentang bahasa ini. Tidak memiliki kemampuan dasar dalam percakapan, akan membuat anda sulit untuk melakukan komunikasi.  Bahkan jika hanya ingin membayar benda atau makanan yang anda beli. Atau hanya menanyakan lokasi tempat – tempat yang anda tidak tahu. Bahasa sendiri telah melekat dan menjadi cirri khas daerah lokal.

Mengenali berbagai bahasa di dunia,  akan memudahkan anda berkomunikasi dimanapun. Selain itu, efek nya bagi kesehatan bisa membuat anda terhindar dari Alzheimer atau penyakit lupa. Di berbagai Negara memiliki bahasa nasional yang wajib dipakai dalam kegiatan formal sehari – hari. Baik itu di sistem pendidikan ataupun pemerintahan. Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Indonesia adalah sebuah Negara dengan bahasa nasional Bahasa Indonesia. Jika dijelajahi lebih dalam, bahasa – bahasa di daerah Indonesia sangat beragam. Baik yang hanya untuk kehidupan sehari – hari, berbicara dengan yang tua dan muda, ataupun dalam bertransaksi. Formal informal juga memiliki khas dalam menyampaikannya.

Sebut saja bahasa Jawa yang halus, perlu diterapkan untuk berbicara dengan yang sudah sepuh atau tua. Sedangkan bahasa kasar bisa dipakai ketika berbicara dengan yang seumuran atau yang lebih muda, selain itu untuk kegiatan informal juga digunakan bahasa kasr. Berbeda dengan Sumatra, ada cara unik dalam bertransaksi di daerah ini. Khususnya dalam membeli / menjual sapi. Cara mereka bertransaksi dengan memasukkan tangan di dalam sarung, kemudian saling berjabat tangan di dalam sarung dan mulai tawar menawar harga.

Berbagai ragam bahasa lain yang bahkan telah ada sejak beribu – ribu tahun lalu masih banyak yang tidak disebutkan, dibahas, atau diketahui oleh masyarakat. Dengan berkembangnya zaman yang makin modern, berbagai kemudahan pun tercipta dengan sendirinya. Buku yang membahas tuntas pun tersedia, dari yang paling dasar hingga yang membahas secara mendalam. Selain itu melalui Internet, tak perlu diragukan lagi kepraktisan dan kemudahan saat belajar berbagai bahasa dengan media ini. Lembaga – lembaga yang menyediakan pelatihan bagi mereka yang akan menjadi calon pertukaran pelajar di berbagai daerah luar negeri juga telah tak terhingga jumlahnya. Menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulan yang berbeda.

Rate this article!
Berbahasa, Berbudaya,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply