Bedanya Baby Blues dan Post Partum Depression

Seorang ibu dengan gejala Baby Blues, bila dibiarkan terlalu lama tanpa dipulihkan, bisa meningkat menjadi Post Partum Depression. Perbedaan antara keduanya terletak pada frekuensi, intensitas dan durasi. Pada Post Partum Depression (PPD), gejala yang dialami akan berlangsung lebih lama, lebih sering, dan lebih hebat. Lebih jelasnya akan saya paparkan sebagai berikut ini.

  1. Pada Baby Blues, seorang ibu akan mengalami ketidakstabilan emosi. Ibu akan mudah menangis tanpa sebab yang jelas, mudah kesal, tidak sabaran, mudah tersinggung. Intensitasnya akan meningkat pada Post Partum Depression (PPD). Ibu dengan PPD akan mudah marah, meracau dengan mengucapkan kata-kata yang tidak jelas, kesedihan yang lebih mendalam. Perubahan emosi dapat terjadi secara ekstrim dan dapat diiringi dengan gejala fisik, seperti sensitivitas kulit terhadap udara dingin, sembelit dan retensi urin.

 

  1. Seorang ibu dengan baby blues akan sulit beristirahat dengan tenang. Dan akan meningkat lagi pada ibu yang mengalami Post Partum Depression. Jika pada baby blues, ibu masih bisa beristirahat saat ada orang lain yang membantu mengasuh bayinya. Ibu dengan PPD, masih sulit beristirahat, bahkan ketika ada yang membantu mengasuh bayinya. Baik pola tidur maupun pola makannya dapat terganggu.

 

 

  1. Ibu yang mengalami baby blues akan mempunyai perasaan enggan memperhatikan bayinya. Dia bisa saja cemburu pada orang yang lebih memperhatikan bayinya daripada dirinya. Sementara itu, jika baby blues sudah berkembang menjadi PPD, akan timbul perasaan takut menyakiti bayinya. Depresi ini bisa berkembang dan menimbulkan pikiran delusi, halusinasi, menjadi ekstrim lagi saat sudah timbul pikiran untuk membunuh anaknya sendiri.

 

  1. Baby blues akan menimbulkan perasaan tidak percaya diri pada sang ibu. Dan meningkat pada PPD menjadi perasaan tidak bisa menjadi ibu yang baik, putus asa. Dan lebih ekstrimnya lagi bila dibiarkan akan berkembang menjadi pikiran untuk bunuh diri.

 

 

  1. Waktu terjadinya baby blues biasanya akan dimulai pada hari ke-3 sampai hari ke-10 setelah melahirkan. Baby blues bisa berakhir lebih cepat, yaitu dalam waktu dua minggu. Berbeda dengan Post Partum Depression, yang cenderung muncul pada tiga minggu atau lebih setelah melahirkan. Kemudian bisa berkembang menjadi depresi berat yang berkepanjangan bila tidak segera ditangani.
author

Author: